Gerhana Matahari Total Akan Sambangi Indonesia Selama 3 Menit

ilustrasi Gerhana Matahari Total (detikcom)

Jakarta, Jelasberita.com| Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi pada 9 Maret 2016 nanti. Hal ini merupakan fenomena yang spesial, karena hanya terjadi di Indonesia.

Thomas juga menambahkan, durasi waktunya pun layak untuk dinantikan, karena gerhana ini akan berlangsung beberapa menit.




“Durasinya pas di daerah sentralnya (dilewati bayangan gerhana) itu sekitar 3 menit. Di pinggirnya 2 menit, jadi lama gerhana itu sekitar 3 sampai 2 menit,” ucap Thomas Djamaluddin seperti yang diberitakan di detikcom.

Namun perlu diketahui bahwa durasi tersebut hanya untuk proses gerhana matahari totalnya saja. Sedangkan untuk proses menuju gerhana matahari total sampai selesai memerlukan waktu sampai hitungan jam.

Daerah-daerah yang dilintasi nantinya juga akan mengalami waktu yang berbeda-beda. Misalnya di Palembang, durasi gerhana akan terjadi selama 1 menit 52 detik. Warga di sana dapat menyaksikan matahari secara perlahan akan tertutup bulan sejak pukul 06.20 WIB.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.