Gunung Soputan Meletus, Debu Vulkanik Setinggi 2000 Meter

foto : kompasiana

Saat ini Gunung Soputan yang berada di Kabupaten Minahasa dalam status siaga setelah meletus pada Senin malam (4/1) pukul 20.53 WITA hal ini dibenarkan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

“Warga maupun pengunjung dilarang untuk beraktivitas dalam radius empat kilometer dari gunung dan sektoral 6,5 kilometer ke arah Barat Daya-Barat-Barat Laut dihitung dari puncak Gunung Soputan,” kata Sutopo melalui siaran pers yang diterima hingga ke Jakarta, Senin (4/1)




Ketika gunung api yang berada di Provinsi Sulawesi Utara itu meletus, ia mengeluarkan awan panas setinggi 2000 meter ke angkasa dan arah awan ke Tenggara. Karena kejadiannya apda malam hari maka terlihat lava pijar menuruni lereng gunung bagian timur disertai suara gemuruh dari puncak gunung.

Menurut Sutopo, warga belum harus mengungsi dari tempat tinggal mereka karena pemukiman penduduk terletak jauh dari radius yang dilarang untuk didatangi. BPBD Kab. Minahasa Tenggara masih berupaya berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dan pemerintah setempat terkait antisipasi yang harus dilakukan.
“Akibat dari meletusnya gunung tersebut maka langit Minahasa hujan abu tipis. Abu tipis turun di beberapa daerah seperti di Langowan di Minahasa. BPBD masih memantauan daerah yang terkena hujan abu vulkanik,” terangnya.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.