Arab Saudi Perintahkan Semua Diplomat Iran Keluar Dari Negaranya Dalam 2 Hari

Pada Minggu (03/01) malam Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, memberikan pengumuman bahwa Saudi memutus hubungan diplomatik dengan Iran setelah kasus penyerbuan demonstran di kedutaan besar Saudi di Teheran.

Banyak warga Iran datang berunjuk rasa di kantor kedutaan Saudi yang letaknya di ibu kota Iran tersebut untuk memberikan protes terhadap pelaksanaan eksekusi mati terhadap ulama Syiah terkemuka , Nimr al-Nimr, yang dilakukan oleh pemerintah Saudi pada hari Sabtu (02/01), ulama tersebut diduga sebagai salah satu orang yang terlibat kasus terorisme.




Dalam keterangannya yang ia berikan, Adel al-Jubeir mengatakan bahwa pemerintahnya tidak akan membiarkan Iran untuk “mengganggu keamanan dalam negeri” Arab Saudi.

“Iran telah mengedarkan senjata dan menanam sel-sel teroris di banyak kawasan, termasuk di Saudi … ada intervensi dan agresi negatif terhadap masalah-masalah Arab yang diikuti dengan kematian dan kerusakan,” kata Adel al-Jubeir.

Selain memutus hubungan diplomatik bersama Iran, Adel al-Jubeir juga memerintah pada semua diplomat Iran untuk meninggalkan Saudi dalam 48 jam.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.