Waspada! WHO Rilis Daftar Penyakit Paling Berbahaya di Dunia

WHO rilis daftar penyakit paling berbahaya.

Dilansir dari smithsonianmag.com, banyak pejabat dunia yang berkumpul membahas mengenai patogen paling berbahaya yang pernah muncul di dunia. Patogen disini adalah sebutan agen biologis yang menyebabkan penyakit tertentu pada inang yang ia hinggapi. Istilah lain dari patogen adalah mikroorganisme parasit. Namun juga dapat diartikan sebagai jenis bakteri yang menyebabkan penyakit.

Patogen yang dibahas oleh WHO (World Health Organization) adalah penyakit yang cenderung menyebabkan wabah parah atau bahkan belum ada penanggulangan medis hingga saat ini. Berikut ini merupakan daftar penyakit berbahaya yang dirilis oleh WHO.




1. WHO menyatakan MERS dan SARS Berbahaya

Middle East Respiratory Syndrome (MERS) and Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) adalah penyakit yang tak asing lagi di telinga kita. Penyakit tersebut masih anggota keluarga coronavirus-virus yang biasanya mengganggu pernafasan atas. Penyakit ini dapat menular dari batuk bahkan bersin dari orang lebih dulu terinfeksi.

SARS muncul di Asia sekitar tahun 2003, namun kembali hilang pada tahun 2004. Namun berbeda dengan Mers. Penyakit yang muncul pertama kali di Saudi Arabia pada tahun 2012 ini sempat menghilang namun justru muncul lagi pada tahun 2015 di Korea Selatan.

2. Crimean Congo hemorrhagic fever

Demam berdarah Crimean Kongo atau lebih dikenal dengan Crimean Congo hemorrhagic fever. Penyakit ini mendapat julukan sebagai Asian Ebola Virus padahal itu salah. Demam berdarah ini pertama kali muncul di Crimea, Kongo pada tahun 1944 dan menyebar luas pada tahun 1969. Kini, penyakit ini telah menyebar semakin luas bahkan hampir ke seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.