Tua Hanya Masalah Usia, Semangat Tetap Muda Demi Hidup

Sunari yang berjualan di pinggir pagar apartemen

Perempuan tua itu sibuk melakukan sesuatu di pinggiran pagar Apartemen Latumeten, Jakarta Barat. Tangannya yang sudah keriput itu masih sigap bergerak walau gemetaran. Membuka ikatan karung berisi sayur mayur di dalamnya.

Dalam sekejap, aneka sayuran itu tertata rapi di lapak beralaskan plastik hitam. Suaranya serak namun tetap terus berteriak. Menawarkan dagangan pada siapa saja yang mendengar.




Namanya Sunari. Pedagang sayur yang sudah biasa membuka lapaknya di situ. Di pelataran hunian kelas menengah itu, dia menjajakan dagangannya untuk menjalani hidupnya. Pagi buta ia memulai semua aktivitas, bergumul dengan panasnya matahari, debu, dan pekatnya asap kendaraan bermotor.

Dan hari itu, ternyata dagangan Sunari laris manis. Perempuan renta ini seakan kekurangan waktu yang ia miliki. Jangankan untuk berleha-leha,mengambil nafas panjang pun tak sempat. Begitu satu pembeli dilayani, pelanggan lain sudah datang menanti.

Setiap hari Sunari memeras keringat di bawah teriknya mentari dan guyuran hujan. Penat, peluh serta dingin sudah menjadi makanannya sehari-hari.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.