Keren! Di Indonesia ada jam tenaga Gravitasi

foto: Republika.co.id

Bogor, Jelasberita.com| Seorang pria asal Sumenep, Madura mampu menciptakan jam tanpa menggunakan baterai, listrik, atau mesin penggerak lainnya. bagaimana bisa?. Adalah zainullah (47 tahun), pria yang bergelar sarjana pendidikan ini, menciptkaan jam yang memanfaatkan gaya gravitasi bumi. Jam gravitasi ini keseluruhannya terbuat dari bambu.

 




Seperti yang dilansir situs Republika. Pembuatan jam gravitasi ini, bukan hanya sekedar rangkaian bambu yang disusun secara acak, atau terkesan asal asalan. Walaupun terbuat dari bambu, namun Zainullah membutuhkan riset mendalam tentang keakuratan dari fungsi kerja jam tersebut. Eksperimen ini cukup membutuhkan waktu lama, bahkan berpuluh-puluh tahun. Diakuinya, ide ini lahir sejak tahun 1995.

 

Zainullah mengaku, ia terinspirasi dari gendongan bayi. Dimana kali itu ia sering mengayun putra sulungnya yang masih bayi. Kemudian ia mendapatkan ide bahwa kekuatan ayunan bisa dimanfaatkan sebagai tenaga penggerak. Ia pun langsung mempraktekkannya ke berbagai hal.

 

Karna berbagai hal, akhirnya ide yang tadinya ia coba terapkan, terpaksa harus terkubur begitu saja. Hingga akhirnya beberapa tahun kemudian, zainullah melakukan kembali beberapa uji mekanis tentang teorinya tersebut, dan hingga kini berhasil menemukan konsep yang tepat untuk jam gravitasinya tersebut.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.