Jangan Ucapkan Kalimat Ini Kalau Anda Tidak Ingin Anak Mendapat Dampak Buruk

Jangan ucapkan kalimat-kalimat ini karena akan memberikan dampak buruk pada anak.

Dalam keseharian, orang tua kerap melontarkan kata-kata yang tanpa sadar berpengaruh pada psikis dan pola pikir anak. Baik berupa pujian atau rasa kesal ibu dan ayah, secara tidak langsung kalimat tersebut dapat berpengaruh buruk pada anak.

Apa saja kata-kata yang sering dilontarkan orang tua namun tak disadari bisa berdampak buruk pada anak? Berikut rangkumannya seperti ditulis detikHealth pada Senin (7/12/2015).




1. ‘Kamu anak nakal dan kamu anak yang bodoh’

Gregg Chapman, psikolog dan manajer klinis di Strategic Psychology. menyarankan cobalah ganti perkataan itu dengan yang lebih halus dan positif. Misalnya saja ‘Yang kamu lakukan ini tidak tepat dan justru menyakiti orang lain. Jangan ulangi lagi dan ayo kita perbaiki kesalahanmu ya’.

“Jangan pula katakan bahwa anak itu bodoh. Sebab, anak akan melabeli diri mereka dengan apa yang diajarkan pada mereka. Label negatif seperti bodoh juga bisa menimbulkan hubungan yang tak sehat antara anak dengan dirinya sendiri,” kata Chapman.

2. ‘Dia memang anak papanya’

Terkadang, tanpa disadari, ayah atau ibu melontarkan kalimat yang tak langsung menyebut bahwa si kecil lebih condong pada salah satu orang tua. Misalnya saja ‘si adek ini emang anak papanya, dekat banget sama papanya’ atau ‘memang dia ini anak mamanya’.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4 5







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.