KNKT Ungkap Kronologis Kecelakaan Pesawat Air Asia QZ 8501

Merdeka.com

Jakarta, Jelasberita.com | Pada selasa kemarin (01/12/2015) Komite Nasional Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkap fakta yang menarik tentang kronologis kecelakaan yang menimpa pesawat Air Asia QZ 8501. Awalnya jatuhnya pesawat Air Asia QZ 8501 ini dikarenakan cuaca yang sangat buruk di udara. Tapi sekarang penyebab kronologis penyebab pasti jatuhnya psawat air asia tersebut telah dapat dipastikan.

 




Melalui konferensi pers yang diadakan pada selasa (01/12/2015) kemarin , KNKT memberikan keterangan berupa 5 faktor penyebab pasti jatuhnya pesawat Air Asia QZ 8501 yang selama ini diinvestigasi lewat blackbox yang didapat di bulan Januari lalu. Keterangan ini disampaikan oleh Kepala Investigasi Air Asia QZ 8501, Margono.

 

Pertama, dapat dipastikan bahwa penyebab pertama kecelakaan tersebut adalah Retakan solder pada modul elektronik yang terdapat di Rudder Travel Limiter Unit (RTLU), yang mengatur derajat gerak komudi guling. Hal ini menimbulkan hubungan yang berselang dan menyebabkan masalah yang berkelanjutan dan berulang.

 

Kedua, sistem perawatan pesawat dan analisis perusahaan yang kurang optimal sehingga mengakibatkan tidak terselesaikannya masalah dan kejadian yang sama terus berulang sebanyak 4 kali dalam penerbangan.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.