Solaria DIklarifikasi Tidak Mengandung Bahan Non Halal

Beberapa waktu lalu, Solaria dicurigai menggunakan bumbu yang mengandung bahan non halal, hal ini diungkapkan melalui sidak oleh LP POM MUI di restoran Solaria Balikpapan. Bumbu yang dicurigai mengandung bahan non halal tersebut lalu diambil sampelnya untuk dilakukan pengujian lanjutan di laboratorium Jakarta.

Dan kemarin, Jumat (27/11) LP POM MUI telah mengeluarkan hasil dari uji sampel tersebut. Berdasarkan hasil uji tes DNA melalui uji PCR, ternyata tidak terdeteksi kandungan daging babi maka dari itu status kehalalan Solaria masih sama dengan Fatwa MUI sebelumnya yang telah mereka miliki.
Dr. Ir. Lukmanul Hakim, M.Si selaku Direktur LPPOM MUI, menerangkan sidak di Balikpapan dilakukan oleh Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Balikpapan. Bukan LPPOM MUI Kalimantan Timur yang ketika itu hanya hadir menyaksikan hasil.




Saat sidak, pengujian dilakukan melalui rapid test (tes cepat). Tes ini untuk menguji protein babi secara cepat. Biasa dipakai sebagai pemeriksaan awal, bukan hasil akhir. Sebab validasi dengan tes cepat hanya dalam waktu 15 menit.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.