Pilot Pesawat Rusia yang Selamat Bantah Ada Peringatan dari Turki

Sebuah insiden penembakan pesawat tempur Rusia oleh militer Turki terjadi pada Selasa (24/11) pesawat tersebut adalah satu unit jet Sukhoi SU-24 ditembak jatuh di Provinsi Latakia, perbatasan Suria.

Dari pesawat yang jatuh tersebut seorang pilot Rusia ada yang selamat setelah pesawatnya ditembak oleh Turki mengatakan tidak ada peringatan apapun yang disampaikan kepada mereka.




Kepada stasiun TV Rusia, Kapten Konstantin Murakhtin juga membantah bahwa tidak mungik pesawat yang ia kendarai telah melanggar ruang udara Turki, seperti yang disampaikan pihak berwenang Turki.

Turki berkeras bahwa pesawat Su-24 mendapat peringatan sampai 10 kali sebelum ditembak jatuh, dan kedua pilot sempat melompat dari pesawat dengan menggunakan parasut.

Namun, salah seorang ditembak oleh kelompok pemberontak dan jenazahnya belum diketahui.

Bantahan ini disampaikan langsung oleh kapten Murakhtin selaku pilot salah satu pesawat tempur ,dari pangkalan udara militer Hmeymim, yang menjadi landasan pesawat tempur Suriah untuk melakukan serangan ke posisi-posisi pemberontak di Suriah.

Dia mengaku mengetahui kawasan tempat dia terbang dengan amat baik dan pesawat yang mereka kemudikan tidak memasuki wilayah Turki sedetik pun.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.