Thailand Kalahkan Indonesia Masalah Halal

Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas muslim dan di setiap makanan yang dirpoduksi haruslah melewati stadarisasi kehalalan dari LP POM namun standar ini masih belum bisa diterima di beberapa negara.

Ironisnya Indonesia dikalahkan oleh negara yang populasi muslimnya hanya sedikit dibanding Indonesia yaitu Thailand. Thailand menduduki posisi sebagai produsen makanan halal terbesar di dunia.




“Padahal di Thailand, penduduk muslimnya hanya 10 persen dari sekitar 5 atau 6 juta, tidak banyak dibandingkan dengan Indonesia. Tapi Thailand sudah menjadi pusat makanan halal terbesar di dunia dengan sasaran utama Timur Tengah, Pakistan, dan Inggris,” ujar Arie Parikesit sebagai pakar kuliner.

Indonesia memiliki standarisasi halal yang tidak sama di beberapa negara dan hal inilah yang menghambat Indonesia mendapatkan posisi tersebut. Misalnya saja di negara-negara persemakmuran, mereka akan memilih makanan halal dari negara persemakmuran lainnya dibandingkan dengan negara-negara lain.

Hal yang sama diungkapkan juga oleh pakar kuliner Tendi Naim. Makanan halal Malaysia pun lebih maju karena memiliki latar belakang sebagai negara persemakmuran.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.