Buang Sikat Gigi Jika Sudah selama Ini

Sikat gigi lekat dalam kehiupan kita sehari-hari. Layaknya makanan sikat gigi juga memiliki masa ‘kadaluarsa’ dan tidak layak digunakan lagi. Banyak orang yang mengganti sikat gigi mereka hanya ketika sikat gigi tersebut jika sikat telah kusam dan bulunya sudah tidak beraturan padahal itu adalah cara yang salah.

Menurut Prof Dr drg Melanie S Djamil, MBiomed, idealnya memang tergantung dari jenis sikat yang digunakan. “Apalagi kalau bulu sikatnya cepet jigrak, biasanya sebulan langsung ganti,” tandasnya.




Namun ia memberi saran agar sikat sebaiknya diganti setiap tiga bulan sekali. Hal ini disebabkan karena dikhawatirkan bulu yang baru beberapa rusak dalam masa itu dapat melukai gigi walaupun jumlah bulu tersebut sedikit.

Tak hanya itu, ia juga menambahkan, sikat yang berusia tiga bulan bisa ditempeli lebih dari 200 juta bakteri. Bila digunakan terus-menerus melewati tiga bulan maka akan mengancam kesehatan gigi dan termasuk menyebabkan gigi berlubang.

Hal senada dikemukakan pakar kesehatan gigi anak, Prof drg Heriandi Sutadi, SpKGA(K), PhD. Meskipun baru, bila bulu sikat sudah tidak lurus setelah digunakan selama beberapa waktu, maka sebaiknya segera diganti.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.