‘Saras 008 selingkuhan Spiderman’ dan ‘Ibu Boleh Jadi PSK’ Masuk LKS SD Ini

Buku Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi kalimat tidak pantas untuk anak-anak.

Sekolah Dasar (SD) di Malang minggu lalu digegerkan oleh Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi tentang tokoh pahlawan imajinasi Indonesia yaitu Saras 008 yang menyebutkan Saras adalah selingkuhan dari tokoh pahlawan imajinasi Spiderman. Tak hanya berhenti di situ, LKS ini juga menyebutkan seorang ibu yang menjadi pelacur.

Makna kalimat tersebut muncul di dalam LKS kelas 5 Tematik 5 pada pembahasan tentang menghargai pahlawan serta tentang macam-macam tanggung jawab. Lembaran yang berisi tajuk Pahlawan pada alinea pertama menyebutkan bahwa seorang pahlawan tak harus berjubah layaknya Superman ataupun Batman.




Selanjutnya di alenia kedua baris ketiga tertulis kalimat turunan yang berbunyi “Akan tetapi, walaupun tidak mengharapkan imbalan, mereka mempunyai keinginan dan tujuan yang mulia. Sebagai contoh, Saras 008 (superhero wanita, selingkuhannya Spiderman) menolong orang dari penjahat.”

Sepertinya penyusun buku tersebut tidak paham dengan tokoh Saras 008. Perlu diketahui bahwa Saras merupakan tokoh pahlawan dalam sinetron televisi anak-anak yang pernah disiarkan di televisi nasional. hal yang paling aneh adalah tidak ada korelasi dalam hubungan kedua tokoh yang digunakan.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.