Manfaat Teh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Image via adasmerica.com

Medan, Jelasberita.com | Manfaat teh yang paling fenomenal adalah salah satunya untuk menurunkan berat badan yang paling digemari oleh wanita tentunya. Minum teh selama ini dipercaya berguna untuk kesehatan. Namun apakah Anda tahu apa saja manfaat kesehatan yang didapat ketika minum teh?

Teh merupakan minuman favorit dalam jamuan makan ataupun sekedar menjadi teman kudapan di Indonesia. Dr Aaron E. Carrol dari Indiana University mengatakan bahwa seperti kopi, teh juga memiliki pro-kontra di bidang kesehatan.




Dalam klasifikasinya, teh dibagi menjadi 4 kelompok yaitu teh hitam, teh oolong, teh hijau dan teh putih. Dibalik kesederhanaan secangkir teh, ternyata menyimpan banyak manfaat yang membuat kita semakin mencintai teh.

Minum 3 gelas teh per hari dikatakan dapat menurunkan tingkat depresi hingga 37 persen. Pernyataan ini diambil berdasarkan 11 penelitian pada 2015 dengan 23.000 peserta. Dikutip dari New York Times, Selasa (6/9/2015)

Secara umum kandungan senyawa dalam teh terdiri atas:

  1. Kafein – Tentu saja kafein yang terkandung dalam teh jauh lebih sedikit dibanding kopi.
  2. Polifenol – Merupakan sejenis antioksidan bioflavonoid yang mengandung 25 kali lebih efektif dari vitamin E dan 100 kali pada vitamin C.
  3. Essential Oil – Proteinnya berperan dalam pembentukan aroma pada teh.

Namun berdasarkan berbagai penelitian menyebut teh memiliki kandungan antioksidan yang bernama katekin. Pada daun teh yang segar Teh hijau dan teh putih memiliki kandungan katekin yang cukup tinggi, kadar katekin bisa mencapai 30 persen dari berat daun kering., tetapi teh hitam mengandung lebih sedikit katekin karena katekin hilang dalam proses oksidasi.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.