Pemodelan Bacaan Tingkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa SD

Kolaborasoi Dosen- Guru : Dosen Unimed Trisnawati Hutagalung, M.Pd dan guru SMP Al Azhar Maya Indah Sari, M.Pd memresentasikan hasil penelitian tindakan kelas tentang Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Questioning Siswa pada Konferensi Nasional Penelitian Tindakan Kelas di Jakarta, Selasa (8/9/2015)

Jakarta, Jelasberita.com |Pemodelan bacaan yang diterapkan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi guru SD dan dosen LPTK, di kelas V SD Kalibanteng Kidul 01 Semarang, Jawa Tengah, berhasil meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Sebelumnya hanya 5% siswa yang terampil menulis karangan, setelah pelaksanaan PTK meningkat menjadi 77,5% siswa yang terampil dan mahir. Musrian SPd guru kelas V SD Kalibanteng Kidul 01 Semarang, Jawa Tengah, bersama Petra Kristi Mulyani MA, dosen Universitas Negeri Semarang (UNNES), mereka berhasil memecahkan masalah pembelajaran kesulitan siswa dalam menulis karangan narasi. Hasil penelitian tersebut dipaparkan pada Konferensi Nasional PTK yang diselenggarakan USAID PRIORITAS, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah penelitian praktis yang dilakukan guru atau praktisi pendidikan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas. Hasil pengamatan pra pelaksanaan PTK menunjukkan bahwa 40 siswa kelas V SD Kalibanteng Kidul 01 Semarang, Jawa Tengah mengalami kesulitan dalam menulis karangan narasi. Siswa mayoritas masih kesulitan membuat karangan yang panjang, sulit menuangkan ide dalam bentuk tulisan, kehabisan bahan, serta kesulitan dalam memilih kata dan menyusun kalimat.




Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.