Mengenal Produk ETF

Exchange Trade Fund (ETF) mungkin masih asing di kalangan investor di Indonesia. Tetapi di negara-negara maju, Amerika Serikat contohnya, produk ini cukup populer sebagai alternatif investasi. ETF adalah salah satu produk investasi yang diperjualbelikan di Bursa Efek. Produk ini hampir sama dengan reksa dana konvensional. Bisa juga disebut ETF adalah reksa dana yang dicatatkan dan diperjualbelikan di Bursa Efek.

Seperti reksa dana, ETF merupakan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) antara Manajer Investasi (MI) dan Bank Kustodian (BK). Bedanya, unit penyertaan ETF dicatatkan dan diperdagangkan di Bursa, seperti saham. Sementara reksa dana konvensional tidak dicatatkan di Bursa. Investor bisa membeli dan menjual reksa dana melalui wakil agen penjual reksa dana di bank atau langsung ke MI. Sedangkan investor ETF membeli dan menjual melalui broker.

Saat ini sudah ada beberapa  ETF yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), salah satunya Premier ETF LQ45 dengan kode perdagangan di Bursa R-LQ45X yang diterbitkan PT Indopremier Investment Management (IIM), yang menjadikan Indeks LQ45 sebagai underlying. IIM juga menerbitkan ETF berkode XIIT, XIJI, XIIC, XISR, XISI, dan XIIF. Selain IIM penerbit ETF adalah Bahana TCW Investment Management (BTIM) dengan ETF berkode R-ABFII. Baru dua MI yang hingga saat ini menerbitkan ETF di BEI.




Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.