Tiga Halangan Utama Pengusaha Sawit Sumut

Medan, Jelasberita.com | Jajak pendapat atau diskusi yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) Sumut kepada para pelaku usaha kelapa sawit di Sumut menemukan ada 3 halangan utama yang dihadapi oleh pengusaha kelapa sawit. Di antaranya, permintaan lesu, permasalahan suplai, dan dukungan pemerintah dan kredit perbankan yang kurang, ungkap Kepala Perwakilan BI Sumut, Difi A Johansyah, Rabu (27/8), dalam seminar ISEI.

Sejak 2011, Sumut memiliki 3 komoditas ekspor utama yaitu kelapa sawit, karet dan kopi. Kinerja ekspor kelapa sawit sejak 2011 tetap berada di level 40% ekspor Sumut saat kontribusi komoditas lainnya merosot dan harga CPO melemah. Secara umum hasil olahan kelapa sawit memiliki proporsi yang relatif tetap antara CPO dan PKO (biji) antara 80 persen dan 20 persen.

Pada 2012, ekspor kelapa sawit masih didominasi CPO. Setelah tahun tersebut, industri turunan kelapa sawit mulai tumbuh di Sumut dengan pola yang terus meningkat. Meskipun demikian memasuki akhir 2014, harga kelapa sawit internasional merosot (<USD750/ton) menyebabkan eksportir lebih memilih untuk mengekspor dalam bentuk CPO karena pajak dihapuskan apabila harga di bawah level tertentu. Akibatnya proporsi ekspor CPO meningkat dari 5 persen  selama Oktober 2013-September 2014 menjadi 13 persen periode Juli 2014- Juni 2015.




Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.