Hati-hati Pakai Anti Nyamuk Bakar, Elektrik ataupun Lotion, Bahaya Buat Kesehatan

Oleh : Yayuk Sri Wahyuningsih, Gita Pertiwi Surakarta

Mendengar kata nyamuk, sudah pasti kita tau bahwa binatang yang satu ini sangat mengganggu. Berbagai cara di gunakan orang untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah dengan pemakaian anti nyamuk seperti anti nyamuk bakar, anti nyamuk elektrik, serta anti nyamuk bentuk lotion yang di oleskan ke tubuh.




Pada awalnya kita merasa bahwa semua cara di atas tersebut membantu dalam mengusir nyamuk, namun kita juga perlu tau bahan apa saja yang terkandung di dalamnya, dari hasil survey yang di lakukan oleh Gita Pertiwi dalam blog nya www.gitapertiwi.org, menjelaskan bahwa rata-rata anti nyamuk memakai pestisida yang biasa di pakai untuk mengusir serangga pada tanaman. Bahan-bahan kimia yang terkandung pada anti nyamuk ini ternyata berdasarkan WHO dan Lembaga Perlindungan Lingkungan di Dunia termasuk memiliki daya racun yang dapat menimbulkan efek terhadap kesehatan manusia.

Berdasarkan penelitian Ibu Gita yang di lakukan pada 100 responden yang tersebar di wilayah Solo Raya ditemukan : 94 % responden menggunakan pestisida rumah tangga untuk nyamuk.

Bentuk penggunaan :

54 % bentuk bakar




19 % bentuk semprot

17 % bentuk oles




15 % bentuk tablet dengan listrik

10 % bentuk cair dengan listrik

Dampak yang ditimbulkan :

62 % mengalami gangguan pernafasan

52 % merasakan batuk

18 % sakit kepala

3 % bintik-bintik pada kulit

 

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4 5 6




 




Leave a Reply

Your email address will not be published.