Miskin di Rimbunnya Kebun Sawit

Legiman dan istrinya Misriyah sedang mengutip brondolan sawit di kebun sawit Lonsum, Begerpang Estate, Deliserdang, Sumatera Utara, Jumat (18/8). Foto oleh Dedy Hutajulu

 

SEEKOR burung tengkek gacor bertengger di atas kabel listrik. Di paruhnya, seekor katak remuk dan tak berdaya. Sambil berusaha membunuh katak itu, matanya terus mengawasi gerak-gerik Legiman, seorang buruh panen, yang sedang memanen tandan sawit di perkebunan milik PT Lonsum (London Sumatera), yang berada di Begerpang Estate, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.




Legiman tak menghiraukan keberadaan burung raja udang itu. Matanya fokus mencari tandan-tandan buah matang. Tangannya gagah memegang egreg. Tampak jelas tangan itu terlatih bekerja. Urat-uratnya menonjol nyaris menyembul keluar dari permukaan kulit. Lengannya hitam legam. Dan garis-garis di keningnya menandakan usianya sudah tak muda lagi.

Ia menyeka wajahnya dengan ujung lengan kaosnya, oblong putih bergambar pasangan “Ganteng”, sisa kampanye pemilihan gubernur Sumut 2013 silam. Kaos itu digunakan mengelap keringat yang berbulir di pipi. Ganteng adalah singkatan dari Gatot Pujo Nugroho dan Tengku Erry Nurady. Pasangan “Ganteng” ini memenangi pertarungan politik. Namun, duduknya pasangan ini di kursi 1 dan 2 Sumut, tak memberi dampak nyata bagi kesejahteraan Legiman dan ribuan bahkan puluh ribuan buruh kebun kelapa sawit.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.