USAID PRIORITAS Dukung Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi

Medan, Jelasberita.com | Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dan Wakil Konsul Amerika Serikat (AS) untuk Pulau Sumatera Tamra Greig, membuka rapat reviu dan persiapan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di Grand Swiss Bell Hotel, Medan, Rabu (12/8). Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan pendekatan yang dirancang oleh USAID PRIROITAS untuk mengimplementasikan PKB. PKB ditujukan untuk membantu guru meningkatkan kapasitasnya secara terus-menerus agar mampu menyediakan layanan pendidikan yang bermutu bagi siswa.

USAID PRIORITAS direncanakan membantu 15 kabupaten/kota di Sumut, melakukan perencanaan PKB berdasarkan data. Lewat perencanaan ini, pemerintah daerah diharapkan mampu mengindentifikasi pelatihan yang dibutuhkan guru (training need assessment), menilai satuan biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan pelatihan guru (need cost and training assessment), dan menganalisis sumber keuangan pendidikan daerah yang dapat digunakan. Hasil indentifikasi ini yang kemudian dikembangkan menjadi program PKB di masing-masing kabupaten/kota.




Program USAID PRIORITAS telah berhasil membantu meningkatkan mutu pendidikan dasar di Sumut. Lebih dari 10.627 tenaga pendidik telah mendapatkan serangkaian kegiatan peningkatan kapasitas yang difasilitasi USAID PRIORITAS. Kegiatan-kegiatan ini telah memampukan tenaga pendidik untuk menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas. “Keberhasilan dari kemitraan ini telah mendorong pemerintah daerah untuk mengalokasikan lebih dari Rp. 11 milyar yang digunakan untuk melatih lebih banyak tenaga pendidik dan menjangkau lebih banyak sekolah di Sumatera Utara,” kata Tamra Greig.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.