15 Daerah Programkan Pengembangan Guru

Medan, Jelasberita.com | USAID PRIORITAS memfasilitasi rapat reviu dan perencanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini bertujuan membantu kabupaten/kota merancang program pengembangan kapasitas guru. “Sebanyak 15 kabupaten/kota mitra kami akan terlibat dalam perencanaan ini,” terang koordinator provinsi USAID PRIORITAS Sumatera Utara Agus Marwan di Medan, Sabtu (8/8).

Agus Marwan mengatakan PKB merupakan bagian dari rencana pengembangan sumber daya manusia (SDM) pendidik dan tenaga kependidikan. Rencana ini mejadi prioritas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang tertuang dalam rencana strategis Kemendikbud 2010-2014 . Juga diperkuat dengan Peraturan Pemerintah seperti PP No. 74/2007 tentang Guru, serta beberapa Permendikbud lain. “PKB didesain untuk menjamin mutu guru. Guru akan mendapatkan pelatihan dan pengembangan kapasitas terus menerus. Setiap guru akan mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhannya,” tambahnya.

Lebih lanjut Agus Marwan mengatakan, pemerintah daerah berkewajiban membantu guru melakukan PKB. USAID PRIORITAS akan membantu pemda melakukan analisi-analisis yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan PKB. “Kami sudah meracang pendekatan teknis yang mampu membantu pemda melakukan pemetaan mutu guru, menganalisis jenis pelatihan yang dibutuhkan guru, menilai jumlah biaya yang dibutuhkan dan mengidentifikasi sumber keuangan daerah yang bisa digunakan,” tambahnya.




Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.