Asal Kamu Bertekad Kuat, Peluang Ditempatmu Masih Lebih Cerah

Oleh: Damayanti*
Sering sekali anak muda yang ku jumpai, khususnya yang sedang mencari kerja, mengaku mereka merantau ke kota Medan untuk mencari kerja. Memang, beberapa dari mereka berasal dari keluarga yang kurang mampu. Akan tetapi, tidak sedikit dari mereka adalah anak tuan takur. Beberapa malah memilih untuk bekerja ke luar negeri seperti Malaysia, dengan modal sampai berpuluhan juta demi mencari pekerjaan lebih baik di negeri orang dan meninggalkan sanak saudara.

Sebut saja salah satunya, Rina Zendrato, wanita kelahiran dan besar di Nias. Ia adalah anak pertama dari kelima bersaudara. Karena merasa bertanggung jawab sebagai anak yang sulung di keluarganya, ia memilih untuk merantau ke Medan, bekerja sebagai pelayan kebersihan atau biasa dikenal cleaning service dengan gaji berkisar Rp.1,5 juta.

Padahal¸untuk biaya kosnya saja sudah kena Rp.400 ribu, ongkos pulang pergi Rp.300 ribu, uang makan Rp. 800 ribu. Gaji segitu hanya pas-pasan, tidak ada yang bisa ditabung. Malah, kadang kala ia harus melakukan berbagai upaya untuk berhemat sebisa mungkin.




Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.