Meniru Sistem Pernafasan Manusia dengan Botol dan Balon


Contoh pembelajaran tentang sistem pernafasan pada manusia.

Balige, Jelasberita.com | Mengenali diri sendiri dan sistem kerja organ-organ tubuh membuat siswa lebih menghargai diri dan kesehatannya. Salah satu sistem yang ada di tubuh manusia adalah sistem pernafasan yang terdiri dari inspirasi (proses memasukkan udara) dan ekspirasi (proses menggeluarkan udara).

Pelajaran kelas VIII ini mendeskripsikan sistem pernafasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. Siswa diharapkan dapat membandingkan inspirasi dan ekspirasi pada pernafasan dada dan perut.




Saat memulai pelajaran, Anna Advent Sinaga, S.Pd, Guru Mapel IPA SMPN 1 Balige memulai dengan bertanya terdiri dari apa saja organ sistem pernafasan manusia dan apakah fungsi organ-organ tersebut? Pertanyaan ini tentu akan memancing reaksi dari para siswa sehingga kelas menjadi lebih bergairah.

Dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipamerkan bersama dengan contoh hasil praktik siswa pada Lokakarya Keberhasilan Program USAID PRIORITAS di Kabupaten Tobasa, Sinaga menulis untuk mencapai pemahaman yang baik, siswa diajak melakukan praktik tentang inspirasi dan ekspirasi secara berkelompok yang dilanjutkan dengan diskusi tentang organ penyusun sistem pernafasan manusia. Diskusi dan tanya jawab antar kelompok di dalam kelas dilakukan lagi untuk meluruskan kesalahan.

Adapun praktik untuk menjelaskan tentang cara kerja paru-paru (inspirasi dan ekspirasi), siswa mengamati cara kerja paru-paru dengan alat bantu model paru-paru. Dibutuhkan alat-alat seperti:

  • Botol atau toples
  • Karet berupa lembaran
  • Pisau silet baru
  • Tali karet
  • Penutup botol
  • Pipa atau pipet berbentuk Y
  • Dan Balon

Siswa yang sudah dibagi berkelompok masing-masing 3-4 orang dalam satu kelompok ditugaskan membuat model paru-paru dengan bahan yang sudah ada.

Setelah model paru-paru tersebut jadi, siswa ditugaskan menekan dinding botol dan memperhatikan balon. Apakah semakin mengembang? Kemudian siswa melepaskan kembali tekanannya, bagaimana kondisi balon? Proses mengembang dan mengempisnya balon dalam botol karena dinding botol ditekan menggambarkan proses pernapasan dada atau perut? Siswa ditugaskan mencari tahu jawabannya.

 

Selanjutnya tugas siswa adalah menarik bagian tengah dinding bahan karet pada bagian bawah botol sehingga posisinya cembung ke bawah (seperti pada gambar) dan kemudian melepaskannya lagi. Adakah perubahan bentuk pada balon? Proses yang satu ini apakah menggambarkan pernafasan dada atau perut? Siswa ditugaskan mendiskusikan jawabannya. Demikianlah hasil praktik dan diskusi siswa lalu didiskusikan lagi untuk meluruskan jawaban bersama seluruh isi kelas dengan dipandu oleh guru. (Dewa)

 




 




Leave a Reply

Your email address will not be published.