Pertumbuhan Ekspor Jepang Melambat

pasar ekspor
Tokio, Jelasberita.com | Pertumbuhan ekspor Jepang melambat tajam pada Februari usai melonjak pada bulan sebelumnya berkat timing Tahun Baru Imlek. Namun, para analis memperkirakan lonjakan permintaan dari Amerika Serikat meningkatkan ekspor dan membantu menaikkan laju ekonomi.
Ekspor naik 2,4 persen pada Februari dari tahun sebelumnya, dan menuju peningkatan tahunan 0,3 persen sebagaimana yang diharapkan para ekonom. Angka itu menyusul kenaikan tahunan 17,0 persen pada Januari, laju pertumbuhan tertinggi sejak November 2013.




Para pembuat kebijakan tertarik untuk menyaksikan lokomotif ekspor Jepang dalam kondisi baik karena itu merupakan kontributor penting dalam pendapatan perusahaan, yang akhirnya harus diterjemahkan ke dalam upah yang lebih tinggi bagi para tenaga kerja dan membantu perekonomian keluar dari deflasi selama bertahun-tahun.

“Perlambatan ini adalah fenomena sementara yang berhubungan dengan Tahun Baru Imlek, dan saya tidak melihat perubahan tren secara keseluruhan ekspor akan terus pulih. Ekspor telah banyak memberikan kontribusi untuk mendukung produksi. Bahkan, jika dukungan ini melemah dalam jangka pendek, dalam jangka panjang akan menguntungkan perekonomian secara keseluruhan” kata Hidenobu Tokuda, Ekonom Senior di Mizuho Research Institute.

Ekspor ke Tiongkok, mitra dagang terbesar Jepang, merosot 17,3 persen selama setahun penuh yang berakhir pada Febuari akibat ekspor mobil dan suku cadang mobil turun, ungkap Departemen Keuangan, Rabu (18/3). (reuters/ti)




 




Leave a Reply

Your email address will not be published.