Pemerintah Uji Coba Sistem PTSP

bkpm




Jakarta. Jelasberita.com | Pemerintah mulai menguji coba Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) hari ini, Kamis (15/1). Dengan uji coba ini, seluruh perizinan yang diterbitkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dapat dilakukan pengajuannya secara online. “Mulai tanggal 15 Desember 2014 seluruh perizinan yang diterbitkan BKPM dapat dilakukan pengajuannya secara online, sehingga tidak ada layanan tatap muka,” kata Kepala BKPM Franky Sibarani di Jakarta.

Saat ini, 19 Kementerian/Lembaga sudah menempatkan petugas penghubung di BKPM. Petugas-petugas tersebut akan bertugas di front office dan back office untuk menyelesaikan proses perijinan. “Koordinasi BKPM dan kementerian cukup bagus. Masing-masing Kementerian sudah menunjuk pejabat yang bertanggungjawab untuk proses integrasi perizinan. Saat ini BKPM dan pejabat tersebut terus bekerja untuk mematangkan proses layanan perizinan satu pintu di BKPM,” jelas Franky.

Dengan diimplementasikannya sistem PTSP ini, ia berharap layanan perizinan di Indonesia dapat diakselerasi menjadi lebih efisien dan mudah. “Layanan perizinan yang cepat, sederhana, transparan dan terintegrasi akan meningkatkan daya saing investasi Indonesia, karena mengefisienkan proses perizinan menjadi lebih mudah dan ringkas,” paparnya.

Sebagai informasi, saat peresmian uji coba PTSP ini beberapa Menteri Kabinet Kerja hadir, seperti Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Fery Mursyidan Baldan. (rilis/ti)




 




Leave a Reply

Your email address will not be published.