BEI Pusat dan 25 Kantor Perwakilan di Indonesia Melakukan Kegiatan Nobar Penutupan dan Pembukaan Pasar Modal

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Serantak diadakan di 25 Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia, juga kegiatan serupa di adakan di 200 Galeri Investasi yang tersebar di berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi di Indonesia. Kegiatan ini dalam rangka penutupan perdagangan pada 30 Desember 2016 dan pembukaan perdagangan pada 3 Januari 2017.




Foto nobar (nonton bareng) di IDX Kantor Perwakilan Pangkalpinang.

Pangkalpinang, Jelasberita.com | Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Pangkalpinang Bangka Belitung mengadakan kegiatan NOBAR atau Nonton Bareng, Jum’at (30/12/2016), Pkl. 15.00 – 17.00 WIB tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman Ruko Niaga Center Pangkalpinang. Nobar yang diadakan merupakan Seremonial Penutupan Perdagangan Saham akhir tahun 2016 yang disaksikan melalui live streaming pada siaran IDX Channel. Kegiatan tersebut diikuti tiga puluh peserta yang merupakan pegawai swasta, mahasiswa dan juga investor saham.

Penutupan Perdagangan Saham akhir tahun 2016 diresmikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI Darmin Nasution di Main Hall BEI Jakarta. Acara tersebut dihadiri pula oleh Direktur Utama BEI Tito Sulistio, Gubernur BI Agus Martowardojo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida, dan jajaran Dewan Komisioner serta pejabat OJK, Direksi BEI, Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI), dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), serta seluruh stakeholders Pasar Modal Indonesia.

Mimpi besar BEI menjadi pasar modal paling likuid yang terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020 diyakini dapat segera dicapai dengan kerja keras dan kerjasama semua pihak serta dukungan dari Pemerintah. “ Data historis memperlihatkan, dalam sepuluh tahun terakhir Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bursa memberikan return yang terbesar diantara Delapan puluh satu bursa utama dunia dan memiliki kapitalisasi diatas seratus miliar dolar.” Kata Direktur Utama BEI Tito Sulistio dalam siaran pada hari itu.

Para peserta nobar begitu antusias dalam menyambut detik – detik penutupan perdagangan saham, mereka berharap penutupan akhir tahun 2016 meningkat dari tahun sebelumnya. Pada pukul 16.00 WIB tepatnya saat tombol dibunyikan Penutupan Perdagangan saham akhir tahun 2016 resmi ditutup. IHSG meningkat sebesar 15,32 persen year to date ke level 5.296,711 pada tahun 2016 yang merupakan nilai tertinggi sepanjang sejarah pasar modal Indonesia, tertinggi kelima diantara bursa – bursa utama dunia serta tertinggi kedua di kawasan Asia Pasifik.Semua pencapaian ini merupakan refleksi para investor terhadap potensi perekonomian Indonesia dan kepercayaan terhadap gerak kerja pemerintah baik saat ini maupun yang akan datang serta dukungan secara penuh dari OJK dan koordinasi Bank Indonesia dalam memajukan pasar modal Indonesia.




Menindaklanjuti Penutupan Perdagangan Saham 2016, pada hari Selasa, (03/01/2017) BEI Kantor Perwakilan Pangkalpinang mengadakan Nobar untuk Seremonial Pembukaan Perdagangan Saham 2017 pada pulul 08.50 – 10.00 WIB. Peserta yang hadir merupakan peserta yang sama pada saat penutupan perdagangan saham.

Pembukaan Perdagangan Saham di hari pertama tahun 2017 diresmikan oleh orang nomor dua Republik Indonesia yaitu Bapak Jusuf Kalla. Tepat pada pukul 09.00 WIB Bapak Jusuf Kalla menekan Palm Hand Screen sebagai tanda Perdagangan saham 2017 resmi dibuka.

Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) memasuki babak baru di tahun 2017. Namun di awal tahun ini, IHSG mengalami penurunan. IHSG melemah sebesar 0,35 persen atau 179 poin pada level 5.278,8. Hal tersebut mengakibatkan Indeks saham acuan memerah. Dari 205 saham , 43 saham mengalami peningkatan, 67 saham melemah dan 95 saham lainnya diam di tempat sehingga mendorong IHSG turun.

Dalam acara Pembukaan Perdagangan Saham 2017 tersebut, Bapak Jusuf Kalla mengajak semua pihak untuk berkontribusi dalam meningkatkan awareness masyarakat terhadap bursa efek Indonesia. Karena, menurut Beliau baik buruknya sebuah bursa tergantung dari kepercayaan para masyarakat.

Semoga dengan dibukanya Perdagangan Saham tahun ini, mampu meningkatkan investor domestik untuk berinvestasi di Pasar Modal Indonesia dan membuat Negara Indonesia semakin maju dan terus meningkat pada sektor perekonomian. (Miranti)

Leave a Reply

Your email address will not be published.