Mengiris Bawang Kini Tak Lagi Harus Berurai Air Mata

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




mengiris bawang

Mengupas bawang merah itu selalu menjadi momen drama karena mengirisnya membuat kita berurai air mata. Biarpun mengirisnya dalam keadaan senang atau sedih, pasti ujung-ujungnya bakal nangis.




Hal ini juga bukan tanpa penjelasan ilmiah, menurut seorang professor dalam bidang food biochemistry dari University of California, Dr. Gerry Russel mengatakan di dalam bawang merah ada kandungan senyawa sulfur yang mudah menguap menjadi gas saat dikupas. Zat yang menguap ini bila terkena mata, bisa menimbulkan sensasi perih yang mengganggu, sehingga mata bereaksi dengan mengeluarkan air mata untuk membersihkannya.

Tapi, dengan cara-cara di bawah ini mengupas bawang merah nggak perlu sampai berurai air mata lagi kok. Simak tipsnya di sini, yuk!

Menggigit Korek Api

Sebenarnya cara sederhana ini anya mengalihkan fokus pikiran dari rasa pedih di mata pada gigitan ke batang korek api. Caranya juga mudah, cukup gigit batang korek api saat mengupas dan mengiris bawang merah. Hal ini dapat mencegah jatuhnya air mata.

Pakai Pisau Tajam

Menggunakan pisau yang tajam meminimalisir penguapan zat sulfur pada bawang, sebab potongan akan lebih rapi dan tipis. Hal ini secara tidak langsung juga mengurangi efek perih di area mata.




Kunyah Permen Karet

Sama seperti menggigit korek api, mengunyah permen karet juga salah satu cara mengalihkan fokus dan membuat otot wajah bergerak secara aktif sangat baik menangkal efek dari penguapan zat sulfur bawang.

Bawang Merah Yang Didinginkan

Cara yang satu ini butuh kulkas sebagai alat pembantunya. Masukkan terlebih dahulu bawang merah sebelum mengupas atau mengirisnya. Proses pendinginan akan memperlambat reaksi kimia pada bawang ketika melepaskan zat sulfur ke udara, sehingga mata tidak akan merasa perih.

Kupas Di Bawah Air Yang Mengalir

Kalau mengupasnya di samping wastafel pencuci piring maka cobalah untuk menghidupkan airnya. Atau bisa juga mengupas bawang di bawah air yang mengalir sehingga gas yang menguap ke udara menjadi hilang.

Sempotkan Cuka

Kalau di dapur tersedia cuka, coba semprotkan cuka pada talenan karena cuka mampu menghentikan efek dari reaksi sulfur yang lepas ke udara ketika bawang dikupas atau diiris.

Potong Bagian Atasnya

Menurut informasi yang diberikan oleh The National Onion Association, bagian atas bawang ternyata bisa mengurangi resiko mata perih ketika mengupas bawang. Jadi potong dulu bagian atas bawang baru kupas bagian lainnya.

Nyalakan Kipas Angin

Karena zat sulfur yang lepasĀ  ke udaralah dan terkena mata sehingga mata menjadi terasa perih luar biasa. Untuk mengurangi efek dari pelepasan itu coba hidupkan kipas angin ketika mengiris bawang maka zat sulfur akan terbang menjauh tanpa sempat mengenai mata kamu.

Dengan mengikuti cara-cara di atas kamu kini tak perlu lagi mengalami drama saat mengupas bawang merah. Ritual masak jadi lebih menyenangkan, Ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published.