Hebat! Konsul AS Ikut Deklarasikan Gerakan Literasi Parulian

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Undangan. Ketua YP Parulian Sopar Siburian menyerahkan undangan deklarasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) kepada Konsul AS untuk Pulau Sumatera Juha P. Salin. YP Parulian akan menjadi yayasan pendidikan pertama yang mendeklarasikan GLS di Sumut.
Undangan. Ketua YP Parulian Sopar Siburian menyerahkan undangan deklarasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) kepada Konsul AS untuk Pulau Sumatera Juha P. Salin. YP Parulian akan menjadi yayasan pendidikan pertama yang mendeklarasikan GLS di Sumut.

Medan, Jelasberita.com| Yayasan Pendidikan (YP) Parulian akan mendeklarasikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada akhir Oktober nanti. Konsul Amerika Serikat (AS) untuk Pulau Sumatera dijadwalkan hadir memimpin mendeklarasikan GLS ini. GLS YP Parulian juga didukung Program USAID PRIORITAS. “Kami sudah bertemu dengan Konsul AS Bapak Juha P. Salin, dan beliau sudah menyatakan berkenan hadir,” terang Ketua YP Parulian Sopar Siburian di Medan, Kamis (6/10).

Sopar mengatakan, GLS merupakan bentuk komitmen YP Parulian untuk menghasilan tamatan berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan abad 21. “Kita hidup di abad 21 yang dikenal sebagai era informasi. Karena itu kami memperlengkapi anak-anak didik dengan keterampilan literasi. Dengan memiliki keterampilan literasi, maka lulusan YP Parulian akan mampu mencari, menganalisis, memahami dan menggunakan informasi untuk mendukung gerak pembangunan,” tambahnya.




Konsul AS untuk Pulau Sumatera Juha P. Salin mengapresiasi langkah YP Parulian menggerakkan literasi. Sebagai lembaga pendidikan yang sudah beroperasi hampir 60 tahun, YP Parulian mempunyai pengaruh di Sumut. Ia berharap langkah YP Parulian dapat diikuti sekolah-sekolah lain. “Saya sangat senang mendengar informasi bahwa yayasan pendidikan ini menjadi lembaga pertama yang mendeklarasikan gerakan literasi,” tambahnya.

Senada dengan Konsul AS, Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan mengatakan YP Parulian merupakan yayasan pendidikan pertama di Sumut, yang mendeklarasikan GLS kepada publik. GLS YP Parulian merupakan implementasi Permendikbud No.23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. “Ada tiga tahap GLS yang diatur dalam Permendiknbud yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran.YP Parulian akan menjalankan ketiga tahap tersebut. Bahkan ratusan guru Parulian telah dilatih active learning sebagai modal awal mengintegrasikan literasi kedalam pembelajaran,” tukas Agus.

GLS di YP Parulian diimplementasikan oleh 3.444 siswa dan 314 guru. Setiap siswa ditarget tuntas membaca minimal 4 buku setahun. Sedangkan guru ditargetkan tuntas membaca minimal 6 buku dalam satu tahun. Saat ini YP Parulian mengelola 16 sekolah yang terdiri dari 7 SD, 4 SMP, 2 SMA dan 3 SMK yang tersebar di Medan, Toba Samosir dan Dairi (Dewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.