Pesawat Learjet PK-JKI Tergelincir Saat Mendarat

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Pesawat Learjet PK-JKI Tergelincir Saat Mendarat




Image via okezone.com

Jakarta, Jelasberita.com | Sebuah pesawat Learjet PK-JKI mengalami kecelakaan di bandara, pesawat tergelincir di antara taxiway B dan C saat hendak mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Diketahui pesawat tersebut merupakan milik Nusantara Air Charter (NAC). Akibat kecelakaan ini untuk sementara waktu Bandara Halim Perdanakusuma. Dibandara sedang dilakukan proses evakuasi. Petugas masih mengevakuasi pesawat Learjet yang tergelincir. Minggu (25/9/2016) pukul 19.46 WIB.

Pesawat Learjet PK-JKI, merupakan pesawat khusus untuk evakuasi dan medis. “Pesawat itu memuat delapan orang termasuk satu pasien,” tutur , Agus Haryadi, Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura II. Minggu, 25 September 2016.

Agus menjelaskan, Pesawat Learjet PK-JKI tergelincir pada pukul 19.50 WIB di run way Halim. Pesawat keluar jalur ke kanan di titik 1.600 meter run way. Masih belum diketahui penyebab pastinya kecelakaan ini. Dugaan sementara, pesawat Learjet PK-JKI tergelincir akibat turunya hujan lebat di area bandara. Diketahui pasien yang berada dalam pesawat itu adalah seorang warga negara Prancis. Sementara penumpang pesawat yang lain terdiri dari 3 krew, 2 pengantar, dan 2 tenaga medis.

Keterangan ini juga diperkuat oleh Hemi Pamuraharjo, Kepala Biro dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, pesawat yang tergelincir adalah pesawat Learjet tipe LJ31 milik PT National Air Charter. Pesawat itu keluar landasan saat mendarat sekitar pukul 19.46 WIB.




“Pesawat rute Yogyakarta-Halim Perdanakusuma. Tidak ada korban jiwa. Tim investigasi dari KNKT. Dan saat ini pesawat masih nge-block di landasan pacu” tutur Hemi.

Agus menjelaskan pesawat Learjet PK-JKI, melakukan penerbangan dari Yogyakarta menuju Halim. Rencananya dari bandara Halim, mereka melanjutkan penerbangan ke Bandara Soekarno Hatta, Jakarta Barat, untuk transit. Tapi saat mendarat di bandara Halim, pesawat tergelincir masuk area parit.

Akibat tergelincirnya pesawat tersebut , runway atau landasan pacu di bandara Halim Perdanakusuma, untuk sementara tidak bisa digunakan pesawat lain untuk lepas landas dan mendarat, karena sedang proses evakuasi.

Dalam kecelakaan ini tidak ada korban jiwa. Pasien yang sebelumnya berada di pesawat Learjet PK-JKI, yaitu warga negara Prancis, sedang berada di Bandara Soekarno Hatta untuk diberangkatkan ke negaranya. Pasien selamat namun sedang menjalani perawatan medis karena sakit yang sedang ia derita. Rencananya malam ini pasien diterbang ke Prancis menggunakan pesawat komersil, Emirates Airline.

“Sekarang masih delay, awalnya katanya sampai pukul 22.45 WIB, terus ada info lagi sampai 23.45 WIB, para penumpang tampak ada yang mengisi waktu dengan berbincang maupun tertidur” tutur Dinu Nugroho, karyawan di salah satu toko yang menyewa di dekat ruang tunggu Bandara Halim.

Peristiwa tergelincirnya pesawat Learjet PK-JKI, terjadi pada saat dalam kondisi hujan mengguyur bandara. Jarak pandang dilaporkan 1.000 meter dengan kecepatan angin 8 knot – 13 knot. Namun sebab spesifik terkait kejadian ini belum bisa dipastikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.