AMCI Mengenal Reksadana Bersama Manulife dan Bursa Efek Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




 

IMG_0029Medan, Jelasberita.com | Reksandana merupakan produk kelolaan manager investasi yang seyogiyanya diperuntukkan bagi orang-orang yang butuh instrument lain untuk menempatkan dana lebih selain ditempatkan di tabungan dan deposito. Reksadana merupakan pilihan tepat untuk para orang tua yang butuh pemdanaanjangka panjang buat uang kuliah anak, uang sekolah anak. Penempatan dana bisa dilakukan dalam jangka menengah atau panjang, tergantung kebutuhan kita dan tujuan investasi.




Inflasi yang semakin tinggi membuat nilai uang kita berkurang, sehingga perlu memikirkan alternative lain untuk kebutuhan atau keinginan yang akan datang. Investasi di reksadana merupakan pilihan tepat karena beberapa hal, yaitu Reksadana bukan merupakan objek pajak, resiko lebih rendah karena dikelola secara professional oleh Manager Investasi yang sudah berpengalaman.

Pak Putut selaku direktur Manulife Aset Manajemen menjelaskan betapa pentingnya kita menyisihkan sebagian uang kita dan mengelola uang dengan baik. Reksadana juga memiliki bermacam jenis, mulai dari reksadana saham, campuran, pasar uang, dan lainnya.

Investor harus jeli daman menempatkan uangnya, karena setiap jenis instrument investasi memiliki resikonya masing-masing. Contohnya saja reksadana saham yang pengelolaan dananya sebesar 80% di tempatkan pada instrimen saham, yang mana saham selalu berubah-rubah harganya setiap saat. Perubahan harga saham tersebut tentunya akan berdampak terhadap NAB atau Nilai Aktiva Bersih dari reksadana itu sendiri, tutur Bapak Putut dalam seminar cerdas berinvestasi pada Sabtu 27 Agustus 2016 bertempat di Hotel Grand Kanaya.

Bapak Putut MAMI




Beberapa pertanyaan dari peserta Asosiasi Media Cyber Indonesia, menanyakan soal kejelasan regulasi dan keamanan dalam investasi reksadana tersebut, karena kebanyakan investasi yang beredar di masyarakat sekarang ini tidak jelas. Hal itu dibuktikan dengan susahnya tarik dana jika kita sudah invest beberapa tahun. Hal senada juga di tanyakan oleh peserta terkait jaminan dan ahli waris yang menerima uang kita jika terjadi hal-hal yang tidak terduga.

Menjawab pertanyaan tersebut bapak Putut memberikan tips-tips untuk kita terhindar dari investasi bodong, pertama kita coba investasi tidak dengan modal besar, lalu coba ubah jenis investasinya, kemudian tarik dana yang sudah kita invest. Perusahaan yang bagus, pastinya tida akan menahan-nahan dana nasabah. Di reksadana Manulife ketika nasabah mau tarik dana, bisa langsung tarik tanpa perlu kuatir dana tidak dapat cair. Hanya perlu waktu sekitar 4 – 7 hari uang kita terima.

Ade Suryanto selaku pimpinan Manulife Aset Manajemen cabang Medan juga menjelaskan bahwa jika nasabah butuh bantuan, atau mengalami kendala dalam investasi reksada maka MAMI ada di Jl Diponegoro untuk bisa membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan nasabah.

Bapak Putut juga menambahkan, Reksadana Manulife terdaftar di OJK dan di awasi oleh OJK secara langsung sehingga transparansi serta keamanan investasi di Reksadana Manulife sudah tidak perlu diragukan lagi. (ysp)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.