6 Hal Penting Pemain Pokemon Go Harus Tahu!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Pokemon Go

Oleh : Marjorie Mae




Demam Pokemon Go ada dimana-mana, kamu dapat membacanya di sudut-sudut internet, mendengar cerita dari teman-teman tentang Pokemon yang mereka tangkap kemarin, bahkan kamu pasti pernah komplain karena kelakuan para pemain Pokemon Go.

Fenomena Pokemon Go memang sangat terkenal. Kini, kebanyakan orang menghabiskan lebih banyak waktu bermain Pokemon Go dibandingkan dengan mengakses SnapChat, Facebook, Twitter, dan sosial media lainnya. Bahkan, data dari iprice (https://iprice.co.id/insights/pokemongo/) membuktikan bahwa Pokemon Go menjadi fenomena paling populer di Indonesia mengalahkan presiden Jokowi, SBY, ataupun gerhana bulan. Nah sebelum kamu mengunduh permainan Augmented Reality yang super populer ini, mari perhatikan beberapa hal berikut :

  1. Waspada Malware di aplikasi Pokemon Go palsu

Semakin populer Pokemon Go semakin banyak pihak yang ingin mengambil keuntungan. Banyak pula peretas yang menggunakan “side-load” atau DroidJack, yaitu sebuah malware yang membahayakan keamanan telepon selularmu, karena akan lebih mudah untuk diretas.

Beberapa developer juga ikut ‘memasukkan’ bandwagon mereka di aplikasi-aplikasi Pokemon Go. Saat kamu mencari Pokemon Go di App stores, banyak sekali aplikasi palsu serupa. Menurut riset, setidaknya ada tiga aplikasi palsu yang terdaftar di Google Play Store. Salah satunya sangat berbahaya bagi Android karena mampu mengunci layar saat diinstal dan mengganggu sistem.




2. Lindungi privacy saat bermain Pokemon Go

Pokemon Go adalah sebuah aplikasi yang menggunakan GPS dan koneksi data (melalui selular maupun Wifi) status lokasi kamu akan diketahui melalui internet dan memiliki resiko untuk disalah gunakan. Selain itu, Pokemon Go juga memiliki akses terhadap akun Google pribadi.

Beberapa pengguna sudah menkritik Niantic – pengembang resmi Pokemon Go, Niantic menyatakan bahwa mereka sedang bekerjasama dengan Google untuk memperbaiki isu ini.

Jadi selalu update aplikasimu dengan versi yang sudah aman. Jika masih merasa kurang aman, silahkan buat akun Google tambahan untuk bermain Pokemon Go. Lindungi privacy mu!

3. Tetap prioritaskan tanggung jawab di kehidupan nyata

Niantic telah membuat sebuah game yang sangat menarik. Game ini menyenangkan, gratis, dan interaktif. Namun sudah ada beberapa contoh di beberapa bagian dunia yang lebih memprioritaskan bermain Pokemon Go dibandingkan melaksanakan tanggung jawabnya.

Beberapa pemain kehilangan pekerjaan karena terlalu sibuk bermain Pokemon Go, anak sekolah bolos karena ingin bermain Pokemon Go, dan seorang turis secara tidak sengaja masuk ke zona militer demi menangkap Pokemon.

4. Perhatikan lingkungan sekitar saat bermain

Saat bermain Pokemon, selalu perhatikan lingkungan sekitar. Jangan gunakan perhiasan atau membawa gadget mahal yang bisa mengundang pelaku kejahatan. Harap tidak bermain Pokemon Go saat menyetir, sudah terjadi banyak kecelakaan karena pengemudi yang bermain game ini.

Bagi para pejalan kaki, selalu berhati-hati saat menyebrang jalan dan untuk tidak terpaku kepada layar gadget mu.

5. Jaga kesehatan dan hidrasi tubuh

Bermain Pokemon Go membuat Kamu aktif bergerak bahkan mampu berjalan jauh. Jangan lupa untuk membawa minum dan snack saat pergi berburu Pokemon agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

6. Pokemon Go tips, trik, dan hukuman

Untuk menangkap Pokemon, Kamu diwajibkan untuk keluar rumah dan mengeksplorasi. Beberapa orang terlalu malas untuk berjalan jauh demi mendapatkan Pokemon. Ada beberapa tips untuk menangkap Pokemon tanpa harus bergerak aktif.

Salah satu fitur dari pemainan ini adalah kamu dapat menetaskan telur, untuk melakukannya Kamu harus berjalan minimal 2 kilometer untuk ‘telur biasa’ dan 10 kilometer untuk telur yang spesial. Untuk mensiasati sensor di gadget, beberapa trik seperti mengkaitkan gadget di kipas angin atau benda bergerak lainnya untuk meningkatkan jarak berjalanmu tanpa harus berjalan jauh.

Bagi pencinta teknologi, mensiasati GPS sangat mudah, Kamu dapat menggunakan gadget yang sudah di jailbreak dan mengganti lokasi GPS untuk menangkap Pokemon secara otomatis.

Sebagai peringatan, jika terdeteksi oleh aplikasi Pokemon Go bahwa Kamu bermain curang, ada resiko untuk di blokir dari permainan selama lima jam. Kamu juga akan dihukum dengan tidak bisa mendapatkan Pokemon spesial.

Referensi :

  1. http://nypost.com/2016/07/23/new-yorkers-are-losing-their-jobs-over-pokemon-go/
  2. https://www.brilio.net/serius/bolos-sekolah-demi-cari-pokemon-sejumlah-pelajar-ketangkap-satpol-pp-1607211.html

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.