Forum IHAN BATAK Bekerjasama Dengan Pemkab Samosir Akan Gelar Seminar Nasional di Tuktuk

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Rapat Forum Ihan Batak

Medan, Jelasberita.com | Forum Intelektual Harapan Anak Negeri – Batak (Forum IHAN BATAK) bakal menggelar Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi (SNITI) 11-12 November 2016 di Hotel Toledo Inn Tuktuk Samosir.




Tema kegiatan ini adalah Membangun Daerah Melalui Inovasi dan Teknologi Informasi Dalam Menyongsong Otorita Danau Toba (ODT) Dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Rencananya, keynote speakers kegiatan ini akan dibawakan oleh Prof. Dr. Syawal Gultom (Rektor Universitas Negeri Medan), Dr. Ir. Mesdin Kornelis Simarmata, M.Sc (Direktur Perdagangan, Investasi, dan Kerjasama Ekonomi Internasional – BAPPENAS) dan Dr. Pontas Sinaga M.M (Inspektur/ Kepala Inspektorat- LIPI).

“Ketua Panitia, Juniastel Rajagukguk menyampaikan selain seminar nasional, Forum IHAN BATAK juga mengadakan Workshop Tiga Pilar Pembangunan Daerah” yakni Pendidikan, Pertanian dan Pariwisata,” hal ini disampaikannya pada saat rapat persiapan panitia, kemarin Sabtu (7/8/16) di Medan.

Seminar ini membahas mengenai hasil penelitian di Industri Pariwisata dan Ekowisata, Inovasi dan Teknologi Pertanian, Agroindustri, Agribisnis, Agroteknologi dan Ketahanan Pangan, Sistem Informasi, Sistem Cerdas, Teknologi Informasi dan Multimedia, Inovasi Pembelajaran, Sistem & Kebijakan Pendidikan, Instrumentasi, Material, dan Geofisika, Matematika, Statistika, dan Riset Operasi, Biologi, Kimia, Fisika dan Bioteknologi, Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Biomassa dan Energi Terbarukan, Teknologi Industri, Mekanika, Elektronika dan Rekayasa Infrastruktur, Hukum dan HAM serta Sistem Kebijakan Pemerintahan.




“Adapun target peserta seminar, adalah akademisi, guru, praktisi pendidikan, pembuat kebijakan, mahasiswa, dan umum,” ujar Juniastel.

Sekjen Forum IHAN BATAK, Janner Simarmata mengatakan pelaksana kegiatan adalah himpunan anak negeri – Batak yang tergabung dalam akademisi, peneliti, pakar, pengamat dan perekayasa yang berada di Daerah Sumatera Utara, yang terhimpun dalam organisasi daerah “Forum Intelektual Harapan Anak Negeri – Batak” (Forum IHAN-BATAK).

“Seminar nasional yang akan dilaksanakan ini merupakan seminar nasional ketiga yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Samosir melalui Bappeda Kabupaten Samosir dan didukung oleh Forum Generasi Muda Simataraja Indonesia (FORGEMSI) dan Samosir Green,” terang Janner.

Menurut dia, pengalaman dari seminar sebelumnya, ada banyak hal yang tentunya bisa diterapkan dari hasil seminar nasional ini, untuk itu diharapkan bagi peserta maupun pemakalah seminar yang mau ikut dalam seminar ini sudah bisa mendaftarkannya melalui website SNITI dialamat www.sniti.info. (js)

Leave a Reply

Your email address will not be published.