Tips memilih apel yang masih segar

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




apel segar

Apel sudah menjadi buah yang disukai oleh banyak kalangan bahkan anak-anak ayang tidak begitu suka sayuran dan buah mau untuk memakannya. Dan lagi, apel sering dijadikan salah satu menu untuk program menurunkan berat badan karena mengandung banyak kalium sehingga membuat perut terasa lebih penuh dan kenyang lebih lama dibanding memakan makanan lain.




Namun, ketika ingin membeli apel di pasar atau di supermarket untuk dikonsumsi di rumah patutnya kita harus lebih cermat terhadap pemilihan buah ini. Tidak mau dong kita menjadi salah satu korban penipuan buah yang seharusnya tak lagi dikonsumsi namun akhirnya kita konsumsi. Buah yang seharusnya kita terima adalah buah yang layak konsumsi, tidak busuk dan layu.

Untuk itu berikut ini ada beberapa tips untuk mengecek bagaimana kesegaran buah apel yang berkualitas baik di pasar maupun di supermarket.

1. Cek kekerasan apel

Anda memang harus memeriksa kekerasan dari buah apel tapi bukan berarti anda boleh seenaknya menekan-nekannya hingga membuat buah apel menjadi memar. Cukup tekan-tekan dengan lembut apel yang akan anda pilih saja jangan semua buah anda tekan walau wajar saja ingin mendapatkan buah yang terbaik. Bila buah apel terasa keras maka itu adalah buah apel kualitas baik. Hindari apel yang lembut saat ditekan dengan pelan, atau segera melepuh saat ditekan.

2. Lihat tampilan apel

Bila apel sudah diperiksa kekerasannya maka coba lihat bagaimana tampilan apel. Apakah ada bintik-bintik hitam di kulitnya karena foktor alami maka hal tersebut tidak berpengaruh pada rasa atau tampilannya. Jangan beli apel yang sudah memar karena bisa jadi telah membusuk di bagian daging buahnya.




3. Tampak sekilas warna apel

Apel terdiri dari berbagai warna, ada yang hijau ada yang merah, ada pula berwarna merah dan bersemu kuning dan sebagainya. Melihat apel segar atau tidak memang tidak bisa dilihat dari warna kulitnya, namun cara ini cukup efektif. Misalnya anda ingin membeli apel merah, lihat apakah warnanya masih terlihat cerah atau sudah gelap. Apel yang berwarna gelap bukanlah terlalu matang tapi terlalu banyak menyerap sinar matahari dan rasanyapun lebih enak. Silahkan pilih yang berwarna gelap.

4. Cium aroma apel

Sebuah apel yang masih segar dan berkualitas baik akan mengeluarkan aroma yang kuat dan harum khas apel. Bila anda tak lagi mencium aroma apel maka apel tersebut sudah tidak segar lagi.

Itulah cara yang bisa anda terapkan ketika membeli apel di pasar atau supermarket, cukup mudah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.