Program Satu Juta Rumah Terdampak Pemotongan Anggaran

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




perumahan

Bandung, Jelasberita.com | Kebijakan untuk memangkas anggaran di tubuh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentu saja berdampak pada program nasional Sejuta Rumah. Penghematan anggaran perumahan yang menjadi bagian dari penghematan APBN tentunya memberikan pengaruh pada program tersebut. Kini, target pembangunan rumah yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN mengalami penurunan.




Sayangnya, bukan hanya sektor perumahan yang mendapatkan pemotongan Anggaran akibat dari penghematan. Namun, sektor lain di kementrian PUPR juga terkena dampaknya. Walau begitu, pemerintah tetap yakin dan mengupayakan yang terbaik agar pembangunan perumahan, khususnya perumahan yang masuk dalam Program Sejuta Rumah dapat terus berjalan maksimal.

Dari total pembangunan yang ditargetkan dibiayai APBN sebanyak 112.992 unit terdapat sedikit penurunan menjadi 110.574 unit tahun ini. Namun kementrian tetap optimis bahwa Satu Juta Rumah dapat selesai dan terealisasi tahun ini. Pemerintah sendiri melalui Kementerian PUPR memohon agar tahun depan, anggaran untuk perumahan juga diberikan lebih besar dari tahun ini.

Pemotongan anggaran sendiri diusulkan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR dengan jumlah sebesar Rp 355,3 miliar dalam APBN-P 2016 lalu. Pemotongan tersebut dilakukan dengan melakukan self blocking atau pemblokiran mandiri pada satuan-satuan kerja atau satker di lingkungan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan.

Perubahan dan pemotongan anggaran odalan APBN-P 2016 tersebut dilakukan untuk mendukung pembangunan infrastruktur untuk hajat olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018 nanti. Namun, walau terdapat penghematan anggaran, Ditjen Penyediaan Perumahan juga mendapatkan anggaran tambahan yang cukup signifikan walau dilakukan penghematan.




Pagu anggaan awal yang dikelola oleh Ditjen penyediaan Perumahan memiliki jumlah sebesar Rp 7,697 triliun dan sebanyak Rp 355,3 miliar dana dihemat. Tapi dalam mendukung program pembangunan infrastruktur Asian Games 2018, Ditjen Penyediaan Perumahan mendapatkan tambahan anggaran sebesar Rp 800 miliar. Sehingga total jumlah pagu dalam APBN-P 2016 yang dikelola berjumlah Rp 8,12 triliun.

Padahal, pembangunan Program Sejuta Rumah sedang menurun. Di Jawa Barat sendiri misalnya, pembangunan jumlah rumah yang ditargetkan sebanyak 25.000 unit masih terealisasi sebanyak 30 hingga 40 persennya saja. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk lebih mudah membeli rumah di tengah tingginya harga rumah dijual di bandung saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.