4 Kekuatan superhero yang juga dimiliki manusia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




kekuatan superhero

Ini bukan cerita fiksi namun kekuatan superhero memang secara ilmiah bisa dimiliki oleh manusia biasa. Bila kita sering menonton film superhero sebut saja Incredible Hulk, Captain America, dan masih banyak lainnya.




Tak jarang kita berandai memiliki kekuatan-kekuatan super tersebut. Padahal secara ilmiah manusia biasa sudah memiliki kekuatan super.  Berikut adalah kekuatan super yang dimiliki oleh manusia.

1. Ketahanan tubuh

Tanpa didongkrak oleh minuman berenergi maupun doping, daya tahan manusia sebenarnya bisa sekuat Quicksilver dari X-Men. Seperti X-men, manusia juga mengalami mutasi genetik walau tidak semenarik X-men yang mampu berubah-ubah dengan berbagai bentuk, dan jangan harap bisa berubah seperti Storm yang mampu mendatangkan petir.

Mutasi genetik di sini adalah kemampuan sensitivitas manusia yang meningkat terhadap hormon erythropoietin, atau EPO. EPO normalnya meningkatkan produksi sel darah merah ketika tenaga sedang dikonsentrasikan untuk dikerahkan. Sehingga saat dikerahkan, otot mendapat oksigen yang cukup ketika berolahraga atau beraktivitas berat lainnya. Pada beberapa manusia yang sensitivitas pada EPOnya berlebih maka memiliki hemoglobin yang berlebih. Hal ini ditandai dengan kulit yang lebih memerah karena memiliki hemoglobin yang banyak pada darahnya.

2. Fleksibilitas

Fleksibilitas pada manusia biasa mampu dimiliki dengan cara sering latihan, walau ada beberapa orang yang memiliki ‘bakat’ ini lebih dari manusia biasa. Sebut saja Daniel ‘Rubberboy’ Browning Smith yang mampu melipat tubuhnya dan masuk ke dalam sebuah koper. Juga ada Gary ‘Stretch’ Turner yang mampu menutupi mulutnya dengan kulit lehernya.




Kedua orang ini memiliki Ehlers-Danlos Syndrome, yaitu kondisi turunan yang mampu mengubah struktur kolagen dalam tubuh mereka sehingga membuat mereka memiliki elastisitas yang tinggi terhadap jaringan ikat di kulit, sendi, dan otot di dalam tubuh mereka.

3. Kekuatan

Kekuatan yang dimiliki Wolverine dan Captain America bisa dimiliki oleh manusia biasa. Pada dasarnya, seseorang yang memiliki kondisi Myostatin-Related Muscle Hypertrophy, maka mereka akan memiliki kekuatan layaknya superhero.

Kondisi Myostatin-Related Muscle Hypertrophy adalah kondisi mutasi gen yang dapat menginstruksikan tubuh untuk memproduksi myostatin, gen ini mampu membatasi pertumbuhan otot. Bila kondisi ini dimiliki oleh manusia maka walau dengan asupan protein yang rendah pun, pertumbuhan massa otot lebih efektif. Bila ada seorang bayi yang lahir dengan memiliki kondisi ini maka tampilan tubuhnya layaknya bayi nge-gym. Dengan normal bayi akan tumbuh tetapi akan lebih kuat ketimbang teman-teman seumurannya.

Kondisi tulang Wolverine yang kuat juga mampu dimiliki oleh manusia. Hal ini dikarenakan tubuh memiliki gen bernama Low-density lipoprotein receptor-related protein 5 (LRP5) yang bila bermutasi dapat membuat tulang tak bisa hancur. LRP5 sendiri adalah gen yang menentukan masa jenis tulang.

4.Kemampuan terjaga

Mayoritas tubuh manusia harus mendapatkan istirahat tidur selama tujuh hingga sembilan jam tidur per harinya. Namun adan beberapa orang yagn hanya memiliki tidur selama 4 jam saja per hari memiliki kondisi tubuh yang segar bugar layaknya orang lain dengan tidur tujuh hingga sembilan jam.

Salah satunya adalah Abby Ross yang memiliki kondisi ini. Para ahli juga mengatakan bahwa hanya ada satu persen manusia di dunia ini yang memiliki kondisi ‘short sleeper’.

Short sleeper dimiliki oleh orang yang mempunyai mutasi di gen DEC2. DEC2 sendiri merupakan pengatur circadian rhythm atau sebagai pengatur jam biologis tidur manusia. Seiring dengan itu orang yang memiliki short sleeper juga memiliki imunitas tubuh untuk tidak mengalami kurang tidur atau insomnia. Orang lain yang memiliki kondisi sama dengan Abby Rose adalah mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher.

Leave a Reply

Your email address will not be published.