Pembelajaran Aktif di Indonesia Dipuji

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Jim Gibson, mengamati siswa kelas VIII SMPN 8 Bogor yang sedang menghitung luas kubus kotak bekas balsem dalam pembelajaran matematika
Jim Gibson, mengamati siswa kelas VIII SMPN 8 Bogor yang sedang menghitung luas kubus kotak bekas balsem dalam pembelajaran matematika

Medan, Jelasberita.com| Jajaran pimpinan Research Triangle Institute (RTI) dari Amerika, yang dipimpin Jim Gibson, wakil presiden eksekutif dan kepala kantor RTI, serta Lisa May, wakil presiden sumber daya manusia RTI, mengunjungi sekolah mitra USAID PRIORITAS di Indonesia. “ Kunjungan dilakukan di SMP 8 Bogor, Jawa Barat pada bulan Maret lalu,” terang Juru Bicara USAID PRIORITAS Sumut Erix Hutasoit di Medan, Minggu (24/7).

Jim Gibson mengapresiasi penerapan pembelajaran aktif di SMP 8 Bogor. Ia bahkan merekomendasikan, sekolah-sekolah di Amerika Serikat belajar ke SMP 8 Bogor untuk menerapkan pembelajaran aktif. “Sekolah-sekolah di Amerika, bisa belajar penerapan pembelajaran aktif dari SMPN 8 Bogor,” terangnya.




Di kelas VIII, mereka melihat para siswa sedang berdiri antri menulis di papan tulis tentang kata atau frase dalam bahasa Inggris yang terkait pengalaman liburan mereka untuk bahan membuat laporan dalam Bahasa Inggris. Di kelas VIII lainnya, tampak para siswa sedang belajar matematika dalam kelompok kecil untuk menemukan jaring-jaring kubus dan menghitung luas kubus dari kalender bekas dan kotak bekas pembungkus balsem. Di perpustakaan, siswa kelas IX terlihat sedang asyik membaca buku bacaan seperti novel dan buku cerita. Mereka sedang melaksanakan kegiatan gemar membaca. Usai membaca, siswa secara bergantian membacakan hasil bacaannya di depan kelas. “Pembelajaran ini sangat menarik. Siswa menjadi terbiasa memecahkan masalah dan bekerja sama dalam kelompok. Siswa juga menjadi terlatih dan percaya diri bepresentasi,” puji Lisa May.

Enam pimpinan RTI dari North Carolina, Amerika, beserta direktur program USAID PRIORITAS, Stuart Weston, terkesan melihat dampak pelatihan guru yang terjadi di kelas. Semua pembelajaran di SMPN 8 Bogor sudah menerapkan pembelajaran aktif. Siswa belajar dalam kelompok kecil, memanfaatkan media pembelajaran kontekstual yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa, menghasilkan hasil karya kreatif dalam pembelajaran, mempresentasikan, dan memajangkannya di kelas.
RTI adalah salah satu pelaksana program USAID PRIORITAS, program bantuan senilai US$ 88,2 juta dari USAID untuk menyediakan pendidikan bermutu bagi siswa di Indonesia.”Kami bangga dengan komitmen para guru di sekolah dalam memberikan pembelajaran yang bermutu kepada siswa,” tukas Stuart Weston memberi apresiasi kepada para guru.

Yuliani Triningsih kepala SMPN 8 Bogor, menyampaikan komitmennya untuk terus menjaga dan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. “Kemitraan dengan USAID PRIORITAS sangat berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Kami akan terus bekerja sama dengan komite sekolah untuk menjaga pencapaian ini,” katanya di sela-sela kunjungan (Dewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.