Pentingnya Menentukan Skala Prioritas

Oleh Dr Deonal Sinaga*)

KITAB Lukas 10: 38-42 menegaskan, pentingnya menentukan skala prioritas dalam hidup. “Tading do na ringkot dibahen na rumingkot,” demikian ungkapan hikmat dalam bahasa Batak Toba. Artinya, banyak perihal yang penting untuk dikerjakan, tetapi sesuatu yang lebih penting mustilah diutamakan.

Menentukan apa yang paling penting, membutuhkan hikmat dan kebijaksanaan. Marta dalam kisah Injil ini adalah orang baik, bahkan sangat baik. Kebaikan dan kebajikannya bukan hanya lewat kata-kata, tetapi juga perbuatan. Ia melayani Yesus dan murid-muridnya. Tidak ada yang salah dengan itu, bahkan justru demikianlah seharusnya: “melayani, bukan dilayani.”




“Apa yang salah dengan Marta?” Yang kurang adalah, ia merasa tidak nyaman dengan keputusannya itu. Ia cemburu, iri, bahkan usil dengan keputusan saudaranya: Maria. Maria memilih mendengar kata-kata bijak – Firman yang terucap dari mulut Yesus. Maria senang dengan kisah-kisah dan ajaran-Nya. Karena itu Marta merasa gerah dan marah, sehingga meminta Yesus menegur Maria agar mau membantu Marta melayani.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.