Pendeta Deonal Sinaga Layak Memimpin HKBP

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Amang DeonalMedan, Jelasberita.com
Di zaman yang penuh tantangan, kejutan dan perubahan, dibutuhkan sosok pimpinan HKBP dengan karakter kuat, melayani tulus dan tahan banting. Juga diperlukan sosok yang visioner. Menjawab dahaga kepemimpinan itu, muncul sosok Deonal yang selama belasan tahun berkiprah di dunia internasional. Tentu jemaat perlu mengenal sepak terjangnya.

Menurut sejumlah sumber, Deonal adalah sosok pendeta yang memiliki visi besar, berdedikasi dan berkomitmen yang tinggi tentang HKBP. Ia memiliki strategi yang dikembangkan selama beberapa tahun, melalui apa yang diungkapkan dengan istilah “Perjumpaan Kreatif.” Ia menginginkan warga dan pelayan HKBP tampil percaya diri; kuat, elastis dan tahan banting.




Ia melihat besar dan banyaknya potensi yang dimiliki HKBP, yang jika diberdayakan secara optimal, akan membawa perubahan signifikan. Melalui perjumpaan-perjumpaan kreatif, dia yakin kita dapat bertumbuh sebagai orang beriman dan memberikan pengaruh positif bagi banyak orang dan bagi dunia ini. Untuk itu, perlu diuji kesungguhan calon pemimpin kita, dan perlu mendengar apa kata beberapa orang yang kenal dekat dengan dia.

“Di mata saya, Deonal itu benar-benar pendeta. Tidak ada cacat moralnya sedikitpun. Ia seorang yang visioner. Ia punya pandangan jernih untuk HKBP. Ia juga tahu betul menentukan serta menemukan jalan untuk mewujudkan visinya itu,” kata Ephorus Emeritus HKBP, Pdt Dr SAE Nababan, LLD.

Begitu pun Ephorus Emeritus HKBP Pdt Dr JR Hutauruk. Ia menilai Deonal, sosok pendeta harapan, pembelajar yang tangguh dan orang kepercayaan. “Deonal sosok pendeta yang kuat secara karakter, rendah hati dan pekerja keras. Apapun pekerjaan dibikinnya beres. Kami sebagai pimpinan percaya betul dengan apapun yang diamanahkan ke Deonal. Ia selalu mengerjakannya dengan segenap hati dan jiwanya. Dia benar-benar menjiwai tohonan kependetaannya,” ujarnya.

Kalau untuk menggairah berjemaat, di gereja manapun, dibutuhkan pemimpin yang dekat dengan jemaat. Kedekatan dengan jemaat itu terjadi karena ada kerendahan hati. Menurut Pdt Agustinus Purba, Ketua Umum Moderamen Gereja Batak Karo Protestan (GBKP), Deonal memiliki keterampilan itu. “Dia tidak pernah membuat program yang mengawang-awang. Semuanya mendarat. Dia hadir ketika jemaatnya kebanjiran. Dia tampil ketika jemaatnya hanyut di sungai. Dia hadir di tengah-tengah jemaatnya. Saya menyaksikannya,” terang Agustinus.




Menurut Per Larsson, Mantan Sekretaris Dewan Gereja Lutheran Sedunia, Deonal adalah orang yang baik hati. Idenya genuine (tulen). Ia sosok yang hangat dan bersahabat. Ia selalu bermurah hati terhadap setiap orang. Dia juga ahli menyemangati dan mendorong orang lain maju.

Tak hanya itu, ia juga unik. Pendeta Jurito mengakui, Deonal sosok yang low profile. “Melihat dia tak mengoleksi sepatu bermerek walau sudah wara-wiri di dunia internasional, saya makin salut padanya. Selama ini saya lihat, banyak pendeta berpenampilan blink-blink, bak selebritis. Tapi Deonal tetap sederhana dan rendah hati,” ujar pendeta yang melayani di Tobasa itu.

Berbeda dengan Eka Smanjuntak, Ketua Pemuda gereja HKBP Cinta Damai. Di matanya, Pendeta Deonal Sinaga sosok yang tegas, menyenangkan, mudah bergaul. Ia seorang pendeta yang sangat peduli dengan perkembangan naposo bulung.

Bagi Robinson Rajagukguk, Mantan Ketua STT-HKBP, Deonal adalah pendeta yang selalu menggelorakan semangat servant leadership. “Di satu pihak, ia low profile, tapi di pihak lain pemikirannya hebat. Dia senang menerima saran, pemikiran, dan tidak reaktif orangnya. Dia pendeta yang selalu menggelorakan semangat servant leadership,” ujarnya.

Pandangan lain dilontarkan Pdt Ligat Simbolon melayani di HKBP Sudirman Medan. Menurutnya, Deonal ini manusia ilmu padi. Seorang doktor yang sangat arif-bijaksana, suka berseloroh tapi selalu lebih dahulu mencari tahu pendapat teman bicaranya, sehingga terjadi kontak komunikasi untuk saling berbagi.

Sedang bagi Dr Ulrich Möller, Pimpinan Gereja Protestan Westphalia, Jerman, Deonal seorang teolog bertalenta dan orang yang rekonsiliatif. “Ia representasi UEM. Saya yakin, dengan kualitas kepemimpinan yang dimiliki dan integritas kepribadiannya yang tinggi, Deonal Sinaga akan berperan membangun HKBP bahkan di luar HKBP,” pungkasnya. (Dewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.