Laporkan ke Nomor 0811976929 Bila Terjadi kekerasan di Sekolah

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




nomor pengaduan untuk kekerasan di Sekolah

Kekerasan yang terjadi di sekolah selama ini selalu kurang mendapat tanggapan namun kini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akhirnya merespon. Untuk menerima berbagai keluhan, pengaduan dan laporan mengenai segala bentuk kekerasan di lingkungan sekolah Kemendikbud meluncurkan nomor telepon khusus.




Nomor resmi tersebut yakni 0811976929 sesuai dengan pernyataan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,¬†Anies Baswedan. “Banyak yang menyaksikan bahkan mengalami kekerasan di sekolah tapi tidak tahu harus melapor ke mana. Maka melalui nomor khusus ini mereka bisa langsung melakukan pelaporan dan akan langsung kami selidiki laporan tersebut,” terang Anies Senin (11/7), dilansir Antara.

Nomor tersebut dapat ditelepon maupun SMS, namun pengaduan juga dapat dilakukan melalui website resmi milik Mendikbud di sekolahaman.kemdikbud.go.id. sosialisasi mengenai nomor pengaduan ini akan dituliskan dalam spanduk yang wajib dipasang di lingkungan sekolah sehingga dapat dilihat oleh peserta sekolah maupun orang tua siswa.

Pemerintah beralasan diluncurkannya nomor pengaduan tersebut menanggapi semakin banyak aksi kekerasan maupun bullying yang dilakukan senior terhadap juniornya, sesama siswa satu angkatan juga kasus lainnya di sekolah.

Aksi bullying menjadi perhatian khusus mengingat ini adalah masa tahun ajaran baru dimulai dan banyak perpeloncoan masih dilakukan di sekolah-sekolah. Anies berpendapat, aksi bullying merupakan tindakan yang sudah tidak relevan dengan dunia pendidikan saat ini karena dianggap sebagai warisan zaman kolonialisme.




“Perpeloncoan tidak ada kaitannya dengan dunia pendidikan, sudah tidak relevan. Orang Indonesia memang punya ide luar biasa untuk mengerjai. Makanya kita akan pangkas satu generasi untuk menumbuhkan kemanusiaan yg adil dan beradab sesuai dengan isi Pancasila,” tuturnya.

Harapan Anies agar pihak yang menjadi korban kekerasan di sekolah tidak perlu merasa takut melapor kepada guru dan orang tua. Selama ini penyelesaian tindak kekerasan di sekolah umumnya hanya diselesaikan melalui cara kekeluargaan atau hanya didiamkan dan dilupakan begitu saja tanpa penyelesaian.

” Kita ingin perpeloncoan hanya jadi catatan sejarah, bukan jadi laporan tahunan. Cara pandang dan cara bekerja kita harus dirubah. Orang tua mana yang mau anaknya dijadikan mainan di sekolah,” ucapnya.

Anies juga menebar ancaman untuk pihak sekolah yang tidak mau menyelesaikan masalah kekerasan di lingkungannya. Sanksi tegas akan diberikan Kemendikbud, mulai dari teguran administratif hingga pemberhentian jabatan untuk pihak sekolah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.