Eldin: Guru Bermutu Harus Terus Dilatih

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Walikota. Walikota Medan Dzulmi Eldin mengapresiasi pelatihan yang dilakukan Yayasan Pendidikan Islam Khairul Imam dan USAID PRIORITAS di Sekolah Islam Terpadu Khaiurl Imam, Medan.
Walikota. Walikota Medan Dzulmi Eldin mengapresiasi pelatihan yang dilakukan Yayasan Pendidikan Islam Khairul Imam dan USAID PRIORITAS di Sekolah Islam Terpadu Khaiurl Imam, Medan.

Medan, Jelasberita.com| Walikota Medan Dzulmi Eldin mengatakan kerjasama antara Yayasan Pendidikan Islam Khairul Imam dan USAID PRIORITAS merupakan contoh baik dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, karena itu harus ada kerjasama antara pemerintah, masyarakat dan orangtua untuk memajukan pendidikan. “Pelatihan ini merupakan salah satu contoh baik itu,” kata Eldin saat membuka Pelatihan Praktik Yang Baik Tingkat SD, SMP dan SMA di Sekolah Islam Terpadu Khairul Imam, Medan, beberapa waktu silam.

Eldin juga mengapresiasi komitmen Yayasan Pendidikan Islam Khairul Imam. Sebagai sekolah dengan reputasi baik, Sekolah Islam Terpadu Khaiurl Imam tidak pernah berhenti berinovasi. Khairul Imam terus meningkatkan mutu gurunya. “Saya sudah banyak mendengar, melihat dan mengetahui tentang prestasi serta mutu sekolah ini, tetapi Pak Hasrul Azwar tidak pernah berhenti melatih gurunya,” tambah Eldin.




Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Islam Khairul Imam, Hasrul Azwar mengatakan, pelatihan ini ditujukan agar guru mampu mengajar sesuai tuntutan zaman. Seluruh guru SD, SMP dan SMA dilatih menerapkan pembelajaran aktif. Harus menegaskan bahwa mutu pendidikan akan bisa dijamin jika guru terus menerus dilatih. “Terima kasih kepada USAID PRIORITAS yang bersedia mendukung kami,” tambah anggota DPR RI asal Sumut ini.

Sedangkan Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Agus Marwan, menekankan pentingnya memperkenalkan literasi kepada anak sejak usia sekolah. Anak harus mampu untuk mengakses, memahami dan menggunakan informasi secara cerdas. “Abad 21 ini adalah abad informasi. Karena itu kita harus mendidik, melatih dan membudayakan literasi kepada anak-anak kita. Dengan keterampilan literasi yang baik, maka itu akan membantu anak-anak berhasil dimasa depan,” katanya.

Lebih lanjut Agus Marwan mengatakan, bahwa literasi merupakan kemampuan dasar dari belajar. Semakin baik kemampuan literasi anak, maka semakin baik pula prestasi belajarnya. Literasi akan tumbuh baik jika dibudayakan. “Kami berharap Khairul Imam bisa menjadi pioner, sekolah yang membudayakan membaca dan menulis. Membaca 15 menit sebelum pembelajran dimulai dan 15 menit menulis setelah pembajaran selesai,” tukasnya.

Program USAID PRIORITAS adalah program lima tahun yang didanai oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID). Didesain untuk meningkatkan akses pendidikan dasar yang berkualitas di Indonesia, USAID PRIORITAS adalah bagian dari program kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat.




Di Sumut, Program USAID PRIORITAS sejak 2012 telah bekerja di 15 kabupaten/kota yaitu Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga, dan Nias Selatan. Program ini juga bermitra dengan Universitas Negeri Medan dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Dewa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.