Mau Mendaki Gunung, Yuk Cari Tau Tips-nya

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




tips mendaki gunung

Jelasberita.com | Liburan adalah kegiatan yang dinanti terutama bagi para pelajar, mahasiswa, atau pekerja kantor yang bekerja full time setiap hari. Di tahun 2016, waktu berlibur bagi para pelajar tergolong lama hampir 1 bulan apalagi bersamaan dengan bulan ramadhan. Nah, bagi kalian yang bosan menikmati waktu liburan, mendaki gunung saya rekomendasikan untuk mengisi waktu senggang. Mendaki gunung di bulan ramadhan tidak masalah bukan? Keindahan alam yang akan disaksikan sebanding dengan perjalanan kalian mendaki gunung.




Gunung sebenarnya bukan tempat yang pantas direkomendasikan menjadi tempat wisata. Mendaki juga bukan olahraga sembarangan, terdapat medan yang terjal di depan mata. Namun, keindahan bukit, padang edelweiss, sunrise dan sunset yang ditawarkan di ketinggian gunung tersebut, membuat orang rela menyandang beban berat dan melakukan perjalanan jauh demi menyaksikan panorama tersebut.
Berikut ini terangkum beberapa tips aman mendaki gunung, terumata bagi orang-orang yang baru pertama kali menjelajahi tubuh gunung. Simak, berikut tipsnya!
1. Mempersiapkan Perlengkapan dan Perencanaan Pendakian

Jadi guys, langkah awal sebelum kamu akan mendaki yang terpenting sekali adalah mempersiapkan perlengkapan dan perencanaan pendakian. Perlengkapan mendaki adalah alat-alat yang dapat kamu gunakan dan bisa kamu butuhkan saat mendaki seperti: Backpack, Tenda(tent), Katung tidur(spleeping bad), Sepatu mendaki(Trail shoes), Alat penerang(Lantern), Sarung tangan, masker, Headlamp, Jaket dan Jas hujan, Alat masak, Rain Cover dll.

Setelah mempersiapkan perlengkapan kamu juga harus mempersiapkan perencanaan pendakian. Perencanaan pendakian bisa dimulai dari menentukan gunung mana yang mau didaki pertama, melekukan pendakian dalam bentuk share cost apa mau ikutan open trip. Semua harus direncanakan dengan baik-baik. Gak perlu mateng-mateng banget.

2. Mempersiapkan Fisik dan Mental




Satu yang kadang dilupain sama orang-orang yang excitement-nya terlalu tinggi pas tau mendaki. Jadi, kamu perlu sekali untuk sebaik mungkin nyiapin mental kamu sebelum kamu mendaki. Mendaki juga butuh tenaga yang ektra juga logh, jika kamu jarang berolahraga pasti fisik kamu tidak akan kuat untuk mendaki sampe puncak. Oleh karena itu kamu perlu sekali untuk sebaik mungkin nyiapin fisik juga dengan cara lari-lari, loncat-loncat, pus up, sit up dll demi membuat fisik kamu siap mendaki gunung yang akan kamu daki. Tapi kayaknya para newbie sekarang, cuma kegirangan doang mau naik gunung pertama tanpa mempersiapkan diri sebegitunya. Jangan ikut-ikutan yang bandel yak! Tetap Olahraga Sebelum Mendaki, kecil-kecilan aja juga gak papa.

3. Mempersiapkan Persediaan Logistik

Okay. Peralatan udah. Perencanaan udah. Olahraga udah. Nah sekarang saatnya management logistik. Yup, logistik adalah barang bawaan mendaki yang khususon ke makanan. Lebih kepada apa aja sih makanan yang harus kita bawa pas pendakian?
Biasanya kalau makanan berat sih selalu dibagi kelompok. Termasuk air. Makanan ringan bisa dibilang tanggung jawab pribadi dengan selera pribadi. Apa saja makanan yang biasa kamu bawa? Antara lain air mineral, mie instan, susu atau kopi, roti, sereal, beras dll.

4. Berdoa Sebelum Brangkat Mendaki

Seperti yang saya bilang di Tips Mendaki Anti Nyasar, bahwa terkadang mungkin saking excitednya kita mau ketemu alam bebas. Mau muncak gunung. Mau selfie, kita suka lupa berdoa. Sekali lagi ini penting. Perkara percaya Tuhan atau gak, paling tidak, dengan berdoa seperti:”semoga pendakian ini baik-baik saja, lancar, dan aman” bisa kasih ketentraman di hati kita. Dan kelancaran di pendakian.
Apalagi bagi kamu-kamu yang beragama jadi wajib hukumnya berdoa sebelum melakukan sesuatu agak di perlancar dan di mudahkan.

5. Ikuti Prosedur Pendakian

Saat mendaki gunung, ikuti prosedur (SAFETYFIRST). Dan sekali lagi, ikuti juga tips mendaki anti nyasar itu. Kalo capek bilang, kalo lelah dikasih harapan palsu bilang, kalau mau teriak, tinggal teriak. Asal, jangan sampai kejadian kenapa-kenapa diem aja. Kasian teman rombongannya. Ikuti itinerary yang udah dibuat rombongan, dan percayalah pada team leader. Eh, percaya pada masing-masing rombongan serta percaya diri juga.
Yak, begitu saja Tips Buat Pendaki Pemula yang pengen nyobain rasanya naik gunung. Naik gunung itu susah-susah gampang, enak-enak gak. Asal ngikutin prosedur, insha Allah akan selalu aman kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.