Ini Cara Menghapus Informasi Pribadi Anda di Internet

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




informasi pribadi

Internet memang sudah mempermudah kehidupan banyak orang. Jarak dan waktu dengan internet kini bukan lagi menjadi masalah sebab internet mampu menghubungkan semua orang.




Namun, selain mendongkrak eksistensi diri internet juga memberikan rasa tak aman bagi mereka yang peduli pada keamanan data pribadi yang dimiliki. Bila ingin informasi pribadi ini tak diketahui banyak orang maka kiat-kiat di bawah ini dapat membantu walau beberapa sedikit sulit dilakukan.

1. Hapus Akun

Coba ingat, selama ini kamu udah membuat berapa banyak akun? Dan sekarang sedang menggunakan berapa banyak? Paling tidak, seseorang pasti memiliki akun Facebook, Twitter, Instagram, Path, LinkedIn, hingga akun di sebuah situs toko online(eCommerce).

untuk menghilangkan informasi pribadi maka mulailah dengan menghapus akun-akun media sosial, bila merasa sangat perlu menggunakan sosial media maka gunakan sosial media yang sangat anda butuhkan dan bukannya hanya digunakan sesekali saja. selanjutnya hapus akun-akun yang banyak terdaftar di situs-situs lain.

Untuk menonaktifkan akun-akun ini biasanya setiap layanan menyediakan opsi bagi pengguna di bagian Setting, Security, dan Privacy.




2. Gunakan Layanan Pengumpul Data

Sebenarnya ada opsi lain yang mempermudah kamu menghapus semua informasi pribadi tentang dirimu yang tersebar di internet. Yaitu menggunakan jasa dari aplikasi DeleteMe atau Abine.com. melalui aplikasi ini kita hanya memasukkan data-data penting terkait informasi pribadi yang biasanya kita jadikan data dalam membuat akun, nantinya aplikasi ini akan mengumpulkan semua akun yang memiliki data pribadi kamu dan menghapusnya.

Namun, aplikasi ini tidaklah gratis, kita perlu merogoh kocek mulai dari US$ 130.

3. Hapus Hasil Pencarian tentang informasi pribadi kamu

Bila tidak ingin menggunakan yang berbayar maka bisa menggunakan aplikasi yang disediakan oleh Google melalui link ini dan ini gratis. Layanan penghapus data ini akan menghapus semua jejak pencarian yang kamu lakukan baik di Yahoo, Bing, bahkan di Google sendiri.

4. Hapus Akun Email

Cara yang terakhir adalah cara manual dengan mengunjungi akun milik kamu satu persatu. Setiap layanan akan menyediakan waktu maksimal 30 hari untuk kamu mengaktifkan kembali akun yang telah kamu hapus atau non aktifkan tersebut baru setelah itu akun akan dihapus permanen.

Yang jelas, untuk menghapus informasi pribadi yang tersebar di internet tidak cukup hanya dalam satu hari. Kerjakan dengan sabar agar informasi dapat terhapus sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.