5 Jajanan Dari Kota Solo Ini Bikin Lidah Ketagihan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





kulinersolo.jowo.id
kulinersolo.jowo.id

Medan, Jelasberita.com|  Kota Solo, Kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini menyimpan segudang destinasi wisata kuliner yang begitu nikmat. Aneka makanan khas ini banyak menggunakan santan hingga kecap manis, menu jajanankuliner yang beragam ini selalu tersaji dan sukses membuat lidah kita ketagihan. Gurih, manis dan sedikit pedas merupakan cirri khas dari berbagai macam kuliner di kota solo. Salah satu kunci khas dari masakan di Kota Solo adalah dari aneka bumbu, bahkan dari bumbu yang berbahan dasar buah kelapa.

Jika Anda Mudik atau bepergiaan ke Solo jangan lupa untuk mencicipi 5 jenis jajanan yang juga merupakan favorit dari Presiden Jokowi, yakni:




  1. Nasi Liwet

Menu nasi liwet ini biasa di sajikan untuk sarapan pagi, makan siang dan malam hari. Nasi liwet ini dapat dengan mudah di temukan di daerah keprabon, solo, di warung lesehan, pada sore hari. Nasi liwet yang terdiri dari sayur labu siam, suwiran ayam dan kuah areh atau kumut (bubur gurih yang terbuat dari kelapa). Perbaduan sayur labu siam yang sedikit pedas, gurihnya nasi dan tambahan lauk pauk lainnya di atas sehelai daun pisang membuat menu ini begitu nikmat.

menuresepsarapan.com
menuresepsarapan.com
  1. Tengkleng

Seperti gulai kambing namun kuah yang lebih encer, daging yang dimasak 4 hingga 5 jam ini membuat teksturnya menjadi empuk ketika dinikmati. Tengkleng kambing ini di sajikan dengan kuah hangat yang khas dengan bumbu rempah-rempah seperti, lengkuas, daun salam, jahe, kunyit, ketumbar, kemiri dan potongan cabai rawit ketika akan disajikan akan membuat ketagihan dengan sensansi pedasnya.

tokomesin.com
tokomesin.com
  1. Gudeg Ceker

Di jalan Monginsidi, Gudeg Ceker khas Solo ini dapat ditemui. Satu porsi terdiri dari 4 potong ceker ayam, ati ampela, nasi gudeng dan sambal kerecek. Ceker direbus lama dengan santan sehingga tulang dan dagingnya yang bertekstur empuk mudah terlepas, sehingga rasanya asin dan gurih juga.

wisatakuliner-kiita.blogspot.com
wisatakuliner-kiita.blogspot.com
  1. Serambi Solo Notosuman

Yang satu ini adalah jajanan dan kudapan yang wajib anda makan ketika Anda berada di Solo. Kue ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan dimasak dengan wajan mungil diatas arang. Cara memasaknya mirip dengan tahapan memasak pancake. Kandungan santan yang terdapat di dalam adonan membuat serabi terasa gurih. Beragam topping menjadi pilihan yang memperkaya rasa, mulai dari kuah pisang, nangka, keju dan taburan cokelat dapat menjadi pilihan Anda. Serabi Notosumen ini juga dapat menjadi oleh-oleh Anda untuk Anda bawa kerumah.




katadia.com
katadia.com
  1. Sate Buntel

Lemak kambing yang menyelimuti adonan daging cincang ini menjadi kunci utama masakan ini terasa nikmat. Walaupun bumbu sate buntel ini terbilang cukup sederhana. Biasanay irisan cabai rawit, bawang merah, kol dan tomat menjadi pendamping sate buntel. Warung sate buntel daging kambing dapat Anda jumpai di daerah di Jl. Sutan Syahrir, Widuran Solo.

klikhotel.com
klikhotel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.