Memanfaatkan Pusat Informasi ‘Go Public’

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Garuda-Go-Public

Pasar modal merupakan alternatif potensial bagi pengembangan bisnis perusahaan. Itu sebabnya, sebagian dunia usaha Indonesia telah memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan dukungan pendanaan. Meski demikian, masih cukup banyak perusahaan yang belum memanfaatkan peluang dari pasar modal untuk mendapatkan dana, dalam rangka pengembangan bisnis perusahaan.




Agar makin banyak dunia usaha Indonesia memanfaatkan peluang tersebut, Bursa Efek Indonesia (BEI) pun mencanangkan program sosialisasi go public bagi kalangan perusahaan di seluruh Indonesia. Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia, Nicky Hogan mengatakan, program bertujuan memperkenalkan tentang besarnya potensi pendanaan dari pasar modal bagi dunia usaha.

Seiring dengan itu, BEI juga siap memberikan layanan konsultasi tentang go public bagi perusahaan lewat Pusat Informasi Go Public. “Tujuan dari didirikannya Pusat Informasi Go Public ini adalah untuk memberikan sarana dan kesempatan yang luas kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam memperoleh informasi teknis tentang apa dan bagaimana go public secara komprehensif, dari mulai manfaatnya, persyaratannya, prosesnya, bagaimana mempersiapkannya, dan sebagainya,” ujar Nicky Hogan.

Kehadiran Pusat Informasi Go Public ini diharapkan memberi dampak positif berupa kehadiran lebih banyak perusahaan dalam memanfaatkan peluang pendanaan dari pasar modal untuk pengembangan usaha. Seiring meningkatnya minat perusahaan di dalam negeri untuk menjadi perusahaan publik, diharapkan bisa menyemarakkan perdagangan saham di pasar modal Indonesia. “Dengan demikian pasar modal Indonesia dapat semakin menjadi cerminan maupun tolak ukur bagi kemajuan perekonomian Indonesia,” lanjut Nicky Hogan.

Banyak manfaat bisa didapatkan kalangan perusahaan dari Pusat Informasi ‘Go Public’. Selain kesempatan konsultasi seputar go public secara komprehensif, kalangan perusahaan juga bisa difasilitasi untuk bertemu dengan penjamin emisi (underwriter) atau lembaga dan profesi penunjang pasar modal lainnya. Dengan demikian, diharapkan pemilik dan manajemen perusahaan yang berminat go public dapat memahami bahwa proses menjadi perusahaan publik tidaklah serumit dan semahal yang dibayangkan.




Selain di Jakarta, Pusat Informasi Go Public juga direncanakan hadir di sejumlah kota besar seperti Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan, maupun di kota-kota potensial lainnya di Indonesia. Dengan demikian, perusahaan-perusahaan di daerah juga berkesempatan mendapatkan akses informasi mengenai go public. Tentu saja konsultasi ini terbuka bagi semua, baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Sektor usahanya pun tidak dibatasi.

Bagi perusahaan yang berminat, bisa langsung datang ke Pusat Informasi Go Public, di Gedung Bursa Efek Indonesia, lantai dasar (GF), di Jalan Jendral Sudirman Kav. 52-53, Jakarta, dengan atau tanpa perjanjian sebelumnya.  Kesempatan yang sama juga terbuka di kota-kota lain yang sudah ada Pusat Informasi Go Public. Petugas siap melayani pengunjung pada hari kerja antara pukul 08:00 hingga pukul 17:00 sore. Untuk informasi lebih lanjut, perusahaan dapat berkomunikasi melalui email: gopublic@idx.co.id. (TIM BEI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.