Bingung Cari Pekerjaan? Hobi Anda Bisa Menjadi Peluang Usaha

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




fotografi-hobi-bisnis-menguntungkan

Jakarta, Jelasberita.com | Mencari lowongan pekerjaan belakangan ini memang sulit. Ya, bisa di ibaratkan sebagai peruntungan saja. “Wong Pinter, Kalah Karo Wong Bejo” Begitu istilah bagi orang jawa. Apalagi sekarang sebagai tahun ajaran baru, dan ijazah belum keluar. Pasti bingung kan mau kerja apa? Menjelang lebaran pula tuh J pasti butuh duit.




Namun, anda tidak perlu khawatir. Banyak contoh kasus orang-orang yang terjun dalam dunia kewirausahaan dan sukses dalam bisnisnya karena diawali dengan hobinya. Seperti Bill Gates yang hobi mengutak-atik computer hingga ia menjadi orang terkaya di dunia. Bong Candra yang hobi memotivasi dan sekarang menjadi seorang motivator, dan masih banyak lagi.

Ternyata salah satu faktor kesuksesan itu berawal dari hobi. Apa yang kita lakukan yang penting seneng dan sesuai PASSION kita bisa dijadikan peluang usaha loh. Simak, beberapa hobi yang bisa dijadikan peluang usaha!

  1. Memasak

Nah, bagi Anda yang hobi memasak bisa dikembangkan loh misalnya membuka usaha catering atau menjadi koki. Apalagi sekarangmau lebaran, Anda bisa mencoba membuat aneka macam cake atau kue lebaran. Di jamin pasti laku keras.

  1. Fotografi

Hobi fotografi sekarang memang sedang booming. Tidak hanya memanfaatkan camera DSLR atau bermerk tinggi, dengan menggunakan smarthpone sekaligus berbagai aplikasi fotografi juga bisa kalian lakukan. Lihat saja Begerson, seorang fotografer India yang mengabadikan momen pernikahan hanya dengan iPhone. Anda tertarik bukan untuk terjun ke usaha ini?




  1. Menulis

Menulis, hobi yang keliatannya garing dan butuh banyak ide ternyata bisa dijadikan pekerjaan sampingan atau penghasil utama. Banyak loh, situs media online atau media cetak yang siap menerima buah pikiran Anda. Saya sendiri menyukai hobi tersebut dan Alhamdulillah ada beberapa artikel saya sudah dipublikasikan.

  1. Desainer & Menjahit

Seorang desainer tentunya mempunyai daya kreativitas yang tinggi. Desainer berusaha untuk merancang pakaian fungsional dengan nilai estetika yang tinggi . Para desainer tentunya memiliki berbagai macam kombinasi pola bahan , warna dan pola gaya untuk hasil desainnya . Bagi Anda yang hobi mendesain pakaian khususnya, hobi Anda bisa dituangkan untuk mendapat penghasilan lebaran. Atau bisa langsung menjahit pakaian, mulai dari pakaian anak-anak, busana muslim, seragam sekolah, dll.

  1. Menyanyi

Yang namanya hiburan itu selalu eksis di kehidupan. Kalo udah denger yang namanya musik itu, hampir tiap hari dijadikan hiburan. Musik juga tidak melihat keadaan, berbagai ekspresi dan perasaan manusia juga bisa dituangkan lewat musik. Nah, bagi Anda yang hobi menyanyi bisa mencoba menyanyi di cafe atau ikut kompetisi. Mengarang lagu juga bisa Anda lakukan seiring dengan hobi loh J

  1. Memelihara Binatang

Memelihara binatang seperti kucing, hamster, anjing, burung, atau reptile dapat dijadikan peluang bisnis. Jika teman-teman Anda tertarik dengan hewan peliharaan Anda tidak menutup kemungkinan untuk menggeluti bisnis di hobi tersebut. Mengadakan atraksi atau event dengan hewan peliharaan Anda juga bisa dilakukan untuk mendapat penghasilan.

  1. Travelling

Hobi dengan dunia traveling? Suka jalan-jalan ke bebagai tempat wisata baik dalam negeri maupun luar negeri? Anda bisa mencoba menjadi tour guide di Yogyakarta atau Bali misalnya. Selain menjadfi tour guide Anda juga bisa memulai bisnis penukaran uang untuk para turis terutama.

  1. Olahraga

Mempunyai hobi berolahraga, misalnya badminton, berenang, sepak bola, dll. Hobi dengan sepak bola kini membuka bisnis dengan menjual aneka baju bola. Ada juga yang hobi dengan  renang lantas membuka toko perlengkapan renang bahkan hingga membuka pemandian umum. Tempat persewaan futsal, toko perengkapan khusus badminton, dan lain sebagainya. Atau jika Anda mahir dengan hobi tersebut bisa terus dilatih biar jadi atlet.

 

Itulah, beberapa hobi yang bisa dijadikan bisnis. Menurut saya, Anda tidak perlu susah payah mencari pekerjaan. Cukup kembangkan hobi atau kesenangan. Disitulah dunia bisnis bermulai. Selamat Mencoba! (Junica Ismawati )

Leave a Reply

Your email address will not be published.