TELEGRAM, APLIKASI CHATTING MIRIP WHATSAPP DAN KELEBIHANNYA

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




 Whatsapp-vs-telegram

Medan, Jelasberita.com | Pasti sebagian dari kalian belum mengetahui apa itu Telegram? Telegram adalah aplikasi keluaran terbaru yang saat ini sedang gempar akan menggantikan Whatsapp. Siapa pula yang tidak kenal Whatsapp? Aplikasi chatting ini memang sudah sangat populer saat ini.




Sebenarnya sudah banyak aplikasi chatting yang sudah mendunia saat ini, mulai dari BBM, Line, KakaoTalk, Yahoo Messenger hingga Whatsapp. Semua aplikasi ini memudahkan kita untuk berkirim pesan satu sama lain dengan mudah. Balik lagi ke Telegram, dimana Telegram ini merupakan aplikasi chatting yang mirip dengan Whatsapp yang dikembangkan oleh Pavel dan Nikolai Durov, yang merupakan pendiri VKontate, yaitu sebuah social network terbesar di Eropa.

Telegram sendiri beroperasi hampir mirip dengan Whatsapp, kita cukup memasukkan nomor hp maka daftar kontak akan secara otomatis muncul. Telegram sendiri berbasis cloud, yang berarti kita bisa memindahkan percakapan antara smartphone, tablet, dan desktop dengan mudah.

Sebelum berpikiran untuk menginstalnya, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Telegram dibandingkan dengan Whatsapp dan aplikasi chatting lainnya.

  1. Telegram dapat diakses diberbagai perangkat seperti desktop, tablet, ataupun ponsel secara bersamaan. Karena Telegram ini merupakan aplikasi chatting berbasis cloud maka proses sinkronisasi akan terjadi dengan mudah dan lancar serta tidak menguras kapasitas memory yang terbatas.
  2. Kalau di Whatsapp kita hanya bisa mengirim file foto, suara, ataupun video maksimal 1GB berbeda dengan Telegram yang bisa mengirim berbagai foto, video serta file baik dalam bentuk doc, zip, mp3, dan lain-lain maksimal 16GB. Namun satu kekurangan Telegram dari Whatsapp disini yaitu Telegram belum memiliki fitur voice call atau pesan suara.
    telegram




    Foto : Centerklik
  3. Group di Telegram bisa memiliki kapasitas hingga 200 orang serta dapat diupgrade menjadi Supergroups dengan kapasitas mencapai 1000 orang. Sedangkan pada Whatsapp group hanya memilki kapasitas maksimum 100 orang saja.
  4. Telegram memiliki tampilan yang sedap dipandang mata sama seperti halnya Whatsapp dan juga tampilan di Telegram tidak kalah bagusnya.
  5. Telegram memilki fitur Secret Chat dimana kita bisa memulai sebuah chat secara rahasia yang berarti tidak akan ada orang lain yang memiliki akses ke chatting ini. Dan kita juga bisa mengirim teks, foto, dan dokumen seperti biasa di chat rahasia.
    Foto : Centerklik

    Foto : Centerklik
  6. Telegram juga memungkinkan kita untuk memilih gambar untuk menjadi background chat, sama halnya seperti Line. Telegram memiliki pilihan gambar yang sudah tersedia ataupun kita bisa memilih gambar dari perangkat sendiri untuk menyesuaikan tampilan yang kita inginkan.
  7. Telegram juga membuat group chat lebih menarik dengan menambahkan fitur Reply, Hashtag, Mentions, dan Forward. Dimana Reply berguna untuk membalas chat tertentu dari seseorang yang ikut menyertakan chat tersebut ke dalam balasan. Mention digunakan agar orang yang mendapat mention mendapatkan notification walaupun orang tersebut mematikan notification (mute) dari group yang bersangkutan. Hashtag berguna untuk membuat chat yang ada di group lebin berstruktur, kegunaannya sama seperti hashtag biasanya dimana juka diklik pada hashtag tersebut maka menghasilkan daftar hasil pencarian sesuai kata tersebut Dan terakhir Forward berguna untuk memberikan komentar pada bagian bawah dari chat yang akan di forward.
  8. Dan yang terakhir, aplikasi Telegram ini dapat diakses secara gratis alias tidak berbayar.

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk menggunakannya? Namun sebelumnya, yang harus diingat adalah kita harus selalu bijak dalam memanfaatkan social media yang ada, jangan karena banyak memiliki keunggulan dan memudahkan kita melakukan apa saja membuat kita tergiur untuk memakainya untuk hal yang tidak benar.  (Desy Amelia)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.