Potret Wisata Alam! Beberapa Rumah Pohon Yang Eksis di Jawa Tengah

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Semaranng, Jelasberita.com | Sahabat Petualang! Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT, amin. Tentunya, bagi para pecinta alam harus tetap semangat dong. Oke, kali ini edisi Potret Wisata Alam. Saya akan membagikan informasi beberapa tempat wisata rumah pohon yang lagi eksis di Jawa Tengah :
1. Kalibiru, Kulon Progo Jawa Tengah

kali-biru
Kata pepatah banyak jalan menuju Roma, namun tips menikmati permainan dan keindahan saat liburan di Kalibiru Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta bisa kalian coba loh. Obyek wisata alam Kalibiru yang berada di ketinggian 450 m dpl di Perbukitan Menoreh daerah Hargowilis, kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo ini memiliki kontur tanah bergelombang yang didominasi perbukitan dalam area hutan lindung. Hutan dikelola masyarakat setampat yang tetap terjaga kelestariannya, dan hutan ini sekaligus dijadikan obyek wisata alam. Untuk menuju lokasi bisa ditempuh melalui dua rute Sermo Dan Clereng, dan dari masing masing rute jalan sudah beraspal baik yang bisa dilalui kendaraan roda empat non bus dan sepeda motor. Tapi pastikan kendaraan sehat, terutama pada rem, karena jalanan banyak tanjakan curam dan tikungan tajam.




2. Bukit Punthuk Sukmojoyo, Borobudur, Magelang

Phuntuk

Nah, rumah pohon yang kedua yaitu Bukit Punthuk Sukmojoyo, Magelang. Sebuah bukit yang terletak di ketinggian ± 1000 mdpl yang terletak di Dusun Krinjing, Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur sangat cocok untuk refreshing terumata bagi kaum muda-mudi. Selain itu suasana di pagi hari sangat cocok untuk menikmati sunrise nan indah. Bagi wisata domestik maupun mancanegara tempat wisata ini belum terlalu terkenal, bahkan bagi orang Magelang keberadaan punthuk-punthuk ini banyak yang belum tau untuk melihat sunrise. Dari Bukit Punthuk ini kita dapat melihat sunrise, dari ornament-ornamen gunung yang menglilingi Magelang. Bonus dari tempat itu tidak dapat ditemukan ditempat lain adalah pemandangan Candi Borobudur yang seakan melayang dilautan awan, yang sering disebut nirwana sunrise.

3. Hutan Pinus Mangunan, Bantul Yogyakarta




Hutan-Pinus-Mangunan SeputarJogjakarta

Sinar mentari pagi menelusup dari celah-celah pucuk pinus, membiaskan garis-garis biru yang indah. Cahyanya lantas terpantul pada embun yang masih tersisa di dedaunan, menciptakan kabut tipisa yang indah. Itulah gambaran yang terekam ketika Anda berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hutan Pinus Imogiri. Hutan Pinus Mangunan tidak hanya menjanjikan ketenangan bagi jiwa. Tempat ini juga menawarkan view yang cantik untuk diabadikan dalam jepretan kamera, tak heran jika akhirnya Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu spot hunting foto favorit. Bukan hanya wisatawan yang ingin selfie, pasangan yang hendak menikah pun banyak yang menjadikan tempat ini sebagai setting foto prewedding mereka. Dengan sudut pengambilan gambar yang tepat, foto-foto berlatar hutan pinus nan rimbun ala-ala setting film Hollywood pun bisa didapat.

4. Hutan Pinus Pengger, Dlingo, Bantul

pinus pengger

Hutan pinus ini bernama Hutan Pinus Pengger yang tertelak di daerah perbatasan Imogiri dan Bantul. Pemandangan yang indah sekaligus udaranya sejuk dapat memanjakan pengujung untuk berlama-lama di hutan tersebut. Namun sayangnya, hutan pinus ini belum banyak dikenal orang sekitar. Nyatanya baru diresmikan sebagai tempat wisata oleh pemerinth DIY pada 7 April lalu. Mungkin tempat wisata ini cocok untuk kalian kunjungi saat liburan idul fitri.
5. Watu Tekek, Kulon Progo

tekekMasih di wilayah Kulon Progo, Jawa Tengah. Ada satu tempat wisata alam yang lagi eksis untuk foto-foto, yaitu Watu Tekek. Watu Tekek ini terletak di Desa Madigondo, Kec. Samingaluh, Kab. Kulon Progo. Sama seperti di Kalibiru, di Watu Tekek ini juga ada sebuah pohon yang telah dilengkapi dengan papan sebagai tempat duduk. Di papan itulah kita bisa duduk santai sambil menikmati keindahan Bukit Menoreh yang membentang di sepanjang Kulon Progo.
6. Bukit Pentulu Indah, Kebumen

bukit pentulu indah

Potret wisata alam yang keenam kali ini adalah sebuah rumah pohon yang terletak di Bukit Pentulu Indah, Karangsambung, Kebumen. Sesuai dengan namanya, pemandangan di Bukit PI ini memang indah. Selain deretan pohon pinus, di sana Anda juga bisa menikmati matahari terbit atau sunrise yang indah. Selain LIPI yang sudah termasyhur ke seantero negeri, Karangsambung juga mempunyai sebuah kawasan hutan pinus dengan sebuah bukit berjuluk Pentulu Indah.

 

7. Medical Garden dan Rumah Pohon Baturaden, Jawa Tengah

medical garden

Medical Garden Salah Satu Obyek wisata Edukasi yang menawarkan pengetahuan tentang tanaman obat obatan bisa kita jadikan referensi sekaligus menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang tanaman obat . Mungkin dengan mengetahui beberapa jenis tanaman obat setelah kita berekreasi di Medical Garden Baturraden Kita bisa mengaplikasikanya dan menerapkanya di halaman depan rumah atau di kebun belakang rumah yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan kita dan keluarga kita, serta mengobati penyakit penyakit yang ringan hingga berat dengan Tehnik Herbal yang memang terbukti khasiat serta keamanannya karena obat obatan dari jenis tumbuhan sangat baik bagi tubuh kita dan Efek samping yang di timbulkan sangat jarang terjadi. Di dalam Medical Garden tersebut ada banyak permainan yang dapat kalian nikmati seperti rumah pohon dan taman bermain anak.

Itulah tadi beberapa rumah pohon yang lagi eksis di Jawa Tengah khusunya untuk hunting foto bagi masyarakat sekitar. Walaupun bulan ini sedang menjalankan ibadah puasa, tapi tidak bisa dipungkiri kita berbagi informasi mengenai tempat wisata hits untuk dapat dikunjungi pasca lebaran nanti. Oke, Selamat Berwisata. (Junica Ismawati)

Leave a Reply

Your email address will not be published.