5 Aturan Unik Untuk Pekerja di Berbagai Negara

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




pekerja

Budaya dalam sebuah lingkungan pekerjaan memang berbeda-beda di setiap perusahaan maupun institusi. Dengan adanya aturan ini dimaksudkan untuk menertibkan proses berbisnis juga untuk memenuhi semua hak dan kewajiban milik pekerja maupun pihak pemberi kerja.




Namun di beberapa wilayah dunia ini menerapkan aturan yang cukup dapat membuat senyum tersungging ketika mendengarnya. Aturan-aturan apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. PNS Jepang harus lulus uji lingkar pinggang

Pemerintah Jepang menerapkan aturan unik untuk semua PNS di negaranya yaitu aturan Metabo Law yang diberlakukan sejak 2008. Aturan ini mewajibkan pekerja dengan rentang usia 40 hingga 74 tahun memenuhi syarta lingkar pinggang yang ditentukan oleh pemerintah.

Untuk pria lingkar pinggang yang ditetapkan adalah 33,5 inci, sedangkan untuk wanita adalah 35,4inci. Hal ini dimaksudkan untuk menekan laju peningkatan obesitas di masyarakat Jepang. Namun apabila ternyata ada pegawai yang melebihi lingkar pinggang yang ditentukan maka pekerja tersebut harus emnurunkan berat badannya dalam waktu 3 bulan, namun bila tidak kunjung turun dalam waktu 3 bulan tersebut maka pekerja wajib mengikuti kelas diet.

2. China larang pekerja wanita bekerja kasar

Sedangkan di China, wanita diberi aturan untuk tidak bekerja kasar. Yang dimaksud di sini adalah pekerjaan melibatkan fisik yang berat. Pekerjaan berat ini yaitu pertambangan, penembangan, hingga pekerjaan yang berada di tempat tinggi. Wanita di China juga dilarang untuk mengangkat barang seberat 20 kilogram atau lebih.




3. Pria dilarang berjenggot di Isesaki, Jepang

Salah satu kota di Jepang, tepatnya di Isesaki, mewajibkan pekerja pria di wilayahnya untuk mencukur jenggot. Aturan ini diberlakukan sejak 2010 lalu. Pemerintah mengeluarkan aturan ini dikarenakan maraknya tuntutan warga atas timbulnya perasaan tidak nyaman karena keberadaan jenggot.

4. Arab Saudi melarang pria bekerja di toko lingerie

Lain di Jepang, lain lagi di Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi melarang warganya yang berjenis kelamin laki-laki untuk bekerja di toko pakaian dalam wanita, khususnya toko Lingerie. Aturan ini ditetapkan oleh pemerintah agar konsumen yang berbelanja di toko-toko tersebut memiliki rasa nyaman ketika melakukan transaksi.

5. India larang perusahaan besar pecat pegawai

Sedangkan di India, bagi perusahaan besar yang memiliki pekerja setidaknya 100 orang atau lebih maka dilarang sembarangan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Tindakan ini boleh dilakukan asal memiliki izin dari pemerintah. Dan yang membuat sedikit terkejut adalah peraturan ini sudah ditetapkan sejak masa penjajahan Inggris. Masih heran mengapa peraturan ini belum juga diubah walau India telah merdeka dari penjajahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.