Akhmad Rapiudin, Pria Segudang Prestasi

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Akhmad Rapiudin, Pria Segudang Prestasi

Medan, Jelasberita.com | Memanfaatkan waktu dengan baik untuk menjadi manusia yang bermanfaat dan tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencari ilmu adalah kalimat yang melekat pada sosok Akhmad Rapiudin. Ia adalah mahasiswa Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sumatera Utara (USU) stambuk 2012. Pria kelahiran Tangerang, 20 Juni 1993 ini menorehkan beragam prestasi, salah satunya adalah menulis, public speaking dan menari tarian daerah di tingkat lokal, nasional maupun go Internasional. Ia juga aktif di organisasi dan kepanitiaan.




Dalam bidang menulis, Duta Lingkungan Greeneration FKM USU 2014 diantaranya pernah mendapatkan juara 1 Lomba Artikel Islami Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus Daerah Sumatera Utara 2013 tingkat Provinsi, juara 1 Sayembara Menulis Essay dan Cerpen Nasional Al-Qolam Writivation Festival 2014 tingkat Nasional.

Namun, prestasi menulis yang bulan ini ia dapatkan adalah pada tanggal 15 Mei Raffi mendapatkan juara 3 lomba Essay se-Indonesia. Acara ini diselenggarakan oleh Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidik Misi (PerMadani Diksi) Tingkat Nasional di Universitas Islam Riau pada Indonesian Golden Generations Summit 2016. Ia bersaing dengan 58 perwakilan dari Universitas yang berbeda-beda. Raffi menulis essay dengan tema “ Materialistic Bullying Effect”. Ia mengangkat tema ini karena merasa prihatin dengan kondisi mahasiswa Bidik Misi saat ini yang terlalu bergantung terhadap uang yang dicairkan dan alih-alih yang digunakan untuk menunjang kegiatan perkuliahan namun digunakan untuk hal yang bersifat materialistis semata.

Prestasi menulis lainnya yang tak kalah membanggakan adalah pada tanggal 25-28 Mei 2016 ini, ia juga menjadi delegasi dari provinsi Sumatera Utara di Indonesian Culture and Nationalism (ICN). Proyek sosial yang membuatnya mampu menjadi perwakilan dari Sumatera Utara adalah mengenai Laskar Bocah Sungai Deli, Wadah Pemberdayaan Anak Bantaran Sungai Deli dalam mewujudkan Generasi Sehat Berkarakter Hebat. Meskipun bukan asli kelahiran Medan, ia menjadi perwakilan dari Sumatera Utara. “ Berprestasi tidak kenal waktu karena selagi ada kesempatan harus dimanfaatkan dengan baik”, kata Raffi.

Dalam bidang public speaking, salah satu yang berkesan menurut Raffi adalah ia meraih The 1st Best Essay Presentations diselenggarakan oleh World Universal Peace Federation di Historic Manila Hotel, Philipinnes pada Asian Summit 2015 yang diikuti 112 Negara dari seluruh Asia. Dalam Kongres pemuda dan lomba essay kepemudaan tingkat Internasional, Raffi menulis essay dengan tema : “Toward Peace, Security and Human Development in The Asia Pacific Region”




Dalam bidang menari tarian daerah, Pria yang saat ini mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,75 ini pernah mendapatkan The 1st Best Art and Cultural Performance, pada acara Philippine-Indonesia Leadership and Cultural Exchange pada tahun yang sama. Ia menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia untuk menampilkan kesenian daerah, salah satunya seperti Tarian Sumatera.
Tak hanya aktif di bidang menulis, public speaking, dan menari tarian daerah ia juga aktif di organisasi dan kepanitiaan.

Di bidang organisasi, ia sebagai Kepala Departemen dan Pendidikan Keislaman Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) FKM USU tahun 2012-2013 tingkat Fakultas, Staff Pengembangan Masyarakat dan Desa Binaan Kesehatan di Pergerakan Anggota Muda Sumatera Utara tahun 2013-2014 tingkat provinsi, Kepala Divisi Tari Daerah di Lembaga Kesenian Sumatera Utara tahun 2012-2015 tingkat Universitas, Ketua Umum Keluarga Mahasiswa Bidik Misi (GAMADIKSI) USU tahun 2015-2016 tingkat Universitas, sebagai staff Pengabdian dan Masyarakat di Persatuan Mahasiswa dan alumni Bidikmisi Nasional tingkat Nasional tahun 2015-2016, sebagai staff penanggulangan bencana dan pendidikan Kesehatan di Aliansi Pemuda Peduli sumatera Utara 2015-2016 tingkat Provinsi, sebagai pilot project di Gerakan sumut mengajar (GSM) tingkat Provinsi 2015-2016, dan masih banyak lagi tentunya.

Di bidang kepanitiaan, salah satunya adalah ia pernah menjadi Ketua Panitia Dialog Bela Negara ”Revitalisasi Pemuda dalam Pembangunan dan Ketahanan Nasional 2012 tingkat Provinsi, acara Public Health Got Talent 2014 tingkat fakultas sebagai ketua seksi acara, seminar Nasional Kesehatan Gizi (Ada apa Dengan Kolestrol) 2014 sebagai ketua seksi acara, Pilot project di Pegabdian Masyarakat Kampung Aur Kampung sehat Sekota Medan 2014, Pilot project di Gerakan Sumut Mengajar tingkat Provinsi 2016, dan masih banyak lagi tentunya.

Berkat segudang prestasi yang ia miliki, Raffi pernah mendapatkan penganugerahan sebagai mahasiswa berprestasi Universitas Sumatera Utara Tingkat Nasional dan Internasional tahun 2015. Menjadi mahasiswa semester akhir, tak menghalanginya untuk terus berprestasi. “ Menjadi pribadi yang bersemangat, penuh keyakinan dan tidak memperdulikan cemoohan orang lain adalah salah satu kunci kesuksesan agar menjadi manusia yang bermanfaat,” kata Raffi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.