Haris Nasution : Anak Muda Sukses, Sosok Inspiratif

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Haris Nasution  Anak Muda Sukses, Sosok Inspiratif

Medan, Jelasberita.com | M. Haris Nasution adalah Mahasiswa Stambuk 2012 dengan kepribadian yang humble serta ramah kepada siapa saja. Lelaki dengan kulit sawo matang serta berpostur sedang ini kerap bekerja sebagai MC (Master Of Ceremony). Ia menjadi MC sejak duduk di bangku SMA kelas 2. Berkat ketekunan dan belajar otodidaknya kini ia mampu menguasai public speaking.




Seperti yang kita tahu bahwa tidaklah mudah untuk memiliki kepandaian public speaking. Kelihaiannya dalam merangkai kata serta memandu suasana agar tidak garing pantas membuatnya bertahan dan berkembang dengan karirnya tersebut. Hal itu juga yang menjadi tekadnya sehingga ia masuk ke Program Studi Sarjana S-1 di Ilmu Komunikasi FISIP USU sekitar 3,5 tahun yang lalu.

Pria kelahiran 10 Desember ini mengungkapkan tidak mudah untuk memulai karirnya. Banyak pengalaman yang didapatnya, ia bercerita bahwa ia mulai menerima job-job nge MC untuk acara besar sejak tahun 2013. Salah satu pengalaman yang tidak terlupakan olehnya adalah pengalaman pertama saat menerima kontrak sebagai MC di Amaliun Food Court. Sampai saat ini ia masih berstatus MC tetap di tempat tersebut.

Pertama kali nge MC disana Haris mengaku merasa sangat garing dan salah kostum. Ia mengenakan kemeja dan celana jeans saja, sementara teman MC yang lain mengenakan pakaian steady seperti layaknya seorang MC.

Ia juga menuturkan bahwa ia merasa sangat garing ketika mencoba mengajak penonton dengan meminta tepuk tangan dari penonton tetapi mereka hanya peduli dengan makanan mereka. Kejadian itu membuatnya cukup merasa malu, tapi tidak menjadi penghalang buatnya untuk terus belajar. Sarannya, ketika kita me MC suatu acara ada baiknya kita memahami terlebih dahulu siapa khalayak kita. Apakah mereka penonton yang aktif ataukah penonton pasif seperti ditempat makan seperti itu. Hebatnya lagi, Haris belajar nge-MC secara otodidak mengandalkan teori-teori di kelas yang diperolehnya.




Belajar dari pengalamannya ia terus berusaha memiliki tampilan yang kece/ keren serta mampu memandu suatu acara dengan menghibur penonton sesuai dengan situasinya. Ia juga telah belajar dan kini memiliki kemampuan Public Speaking yang baik sehingga memudahkannya untuk berbicara didepan khalayak yang banyak. Saat ditemui sewaktu meng-MC, Haris mengenakan kaos hitam, topi merah serta kacamata. Kemampuannya memandu acara patut diacungi jempol, semua pelanggan yang makan ditempat tersebut memperhatikannya dengan luwes. Bahkan ada anak kecil yang sangat tertarik dengan kemampuannya berinteraksi dengan penonton.

Kini haris memiliki jam terbang yang tinggi, bahkan penghasilannya dalam bekerja cukup memuaskan dan membantunya untuk membiayai kebutuhan hidupnya. Baik awal, pertengahan maupun akhir bulan ia menerima uang. Tidak hanya menggeluti dunia MC, Haris juga berprofesi sebagai penyiar radio disalah satu radio yang cukup tersohor di Medan.

Di awal bulan ia menerima uang sebagai hasil dari MC nya, dan dipertengahan bulan ia menerima uang dari Beasiswanya. Baik untuk diketahui, Haris ini meski sudah memiliki pekerjaan yang cukup menjamin, tetapi ia tidak pernah melupakan kewajibannya dalam bersekolah setinggi mungkin. Ia tidak pernah meninggalkan kuliahnya karena manajemen waktunya. Nilai akademiknya yang selalu diatas 3,2 ini terbilang cukup baik sehingga ia berhasil mendapatkan Beasiswa waktu itu. Terakhir ia mendapatkan upahnya setelah bekerja sebagai seorang penyiar.

Jika kita lihat, umurnya yang masih 21 tahun ini tergolong sukses. Keinginannya untuk terus mengembangkan bakatnya dan meneruskan karir yang lebih baik lagi juga dapat dicontoh. Semoga kedepannya makin banyak lagi anak bangsa yang berprestasi hingga menembus prestasi internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.